Presiden Jokowi saat penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat di Samosir, Sumut.
AMBARITA, JO- Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI MS Fadhilah mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana dalam kunjungan kerja selama tiga hari di wilayah Tapanuli, Sumatera Utara, Senin-Rabu, (29-31/7/2019).

Hari pertama hingga pertengahan hari kedua kunjungan kerja, Selasa (30/7/2019), Presiden Jokowi melakukan peninjauan ke sejumlah lokasi proyek pengembangan dan pembangunan pariwisata di wilayah Tobasa, Humbahas dan Tapanuli Utara. Yakni Dermaga Muara, Geosite Sipinsur, Wisata Rohani Salib Kasih, dan Geopark Kaldera Toba atau populer dengan sebutan "The Kaldera" Toba Nomadic Escape.

Setelah istirahat makan siang di Kota Wisata Parapat, Presiden dan rombongan menyeberang ke Pulau Samosir, Kabupaten Samosir. Penyeberangan menuju Ambarita di Pulau Samosir menggunakan kapal ferry Ihan Batak.

Tiba di Ambarita sekitar pukul 15.20 WIB, Presiden bersama Ibu Negara dan rombongan langsung menuju Lapangan Bola Ambarita, Desa Ambarita, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, setelah sebelumnya disambut oleh Bupati Rapidin Simbolon, Wakil Bupati Ir Juang Sinaga, Ketua DPRD Risma Simarmata, Danrem 023/KS Kolonel Inf Tri Saktiyono, SSos, dan Kapolres AKBP Agus Darojat, SSos.




Di sini, Presiden melaksanakan pembagian 1000 sertifikat tanah secara simbolis kepada delapan warga masyarakat dari tujuh kabupaten se kawasan Danau Toba. Yakni Simalungun, Karo, Dairi, Samosir, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, dan Tapanuli Utara.

Prosesi pembagian sertifikat secara simbolis oleh Presiden ini turut didampingi Gubsu Letjen (Purn) Edy Rahmayadi dan Dirjen Pengendalian Pemanfaatan Ruang dan
Penguasaan Tanah, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Budi Situmorang.

Di sela kegiatan, Jokowi menjelaskan, dirinya telah memerintahkan para menteri agar mengadakan 1 juta sertifikat per tahun untuk kemudian dibagikan kepada warga masyarakat. "Karena itu, saya harapkan sertfikat tanah yang dibagikan, agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jangan digunakan untuk yang tidak benar," jelas Jokowi.

Selesai dari acara ini, Jokowi bersama Ibu Negara bergerak menuju Hotel Samosir Cottages, Kelurahan Tuktuk Siadong, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, untuk istirahat. (fsrt)



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.