Pushidrosal TNI AL Gelar Survei Hidro-Oceanografi di Perairan Temajuk Kalbar

Survei di Perairan Temajuk, Kalimantan Barat.
JAKARTA, JO- Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) selama 50 hari menggelar operasi survei dan pemetaan hidro-oseanografi di Perairan Temajuk, Kalimantan Barat (Kalbar).

Survei ini dilaksanakan, selain untuk pengembangan pangkalan TNI AL, juga dipergunakan untuk memutakhirkan Peta Laut Indonesia (PLI) No282 serta Informasi Publikasi Nautika lainnya.

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr Ir Harjo Susmoro, SSos, SH, MH menyampaikan, Tim survei Pushidrosal berjumlah 15 personel di bawah pimpinan Mayor Laut (P) Deirus Rizki Khair, ST ini bertugas melaksanakan Operasi Survei Hidro –Oseanografi yang meliputi pengumpulan, pengolahan dan penyajian Data Hidro–Oseanografi di perairan Temajuk, Kalimantan Barat, guna menyiapkan pengembangan Faslabuh yang ada di Posal Temajuk dan data yang dihasilkan untuk update Peta Laut Indonesia dalam rangka menjamin keselamatan pelayaran di perairan tersebut.

Selama pelaksanaan, tim melakukan kegiatan yang meliputi; pengambilan data kedalaman (pemeruman), pencitraan dasar laut, verifikasi Sarana Bantu Navigasi Pelayaran(SBNP), pemasangan stasion pasang surut, pengukuran arus, pengukuran ketebalan sedimentasi, pengambilan contoh dasar laut, pengamatan meteorologi, verifikasi toponimi serta pengumpulan data geografi maritim.




Survei juga menekankan pada pentingnya akurasi data alur pelabuhan untuk menunjang perekonomian nasional khususnya dalam mewujudkan konektivitas dan terbangunnya infrastruktur untuk mendukung visi Poros Maritim Dunia (PMD)

Untuk mengevaluasi dan melihat keakuratan data yang sudah dihasilkan agar sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh International Hydrographic organization (IHO), dilakukan inspeksi oleh Kadis Veranautikas Kolonel Laut (E) Yudi Harsono, ST, dan Ka akun Pushidrosal Letkol Laut (S) Tidar Hary Nugroho, SH, MTr Hanla.

Selain itu, inspeksi ini bertujuan untuk meninjau secara langsung perkembangan pelaksanaan survei yang dilaksanakan tim Pushidrosal, yang meliputi area, waktu, maupun metode survei yang dilaksanakan apakah sesuai dengan perencanaan awal, sehingga data yang dihasilkan akurat, mutakhir dan terpercaya.

Pada inspeksi ini, Tim inspeksi Pushidrosal mengadakan peninjauan langsung pelaksanaan survei dan menerima paparan mengenai perkembangan pelaksanaan survei dari Dan Unit Survei Mayor Laut (P) Deirus Rizki Khair, ST Tim inspeksi juga sebaliknya memberikan assessment terhadap data yang dihasilkan dari pelaksanaan survei.

Sebagai lembaga hidrografi nasional, Pushidrosal mengemban amanah pemerintah RI dalam menjamin keselamatan pelayaran, baik untuk kepentingan militer maupun sipil. Oleh sebab itu, pelaksanaan survei yang dilaksanakan harus menghasilkan data dan informasi hidro-oseanografi yang akurat dan terpercaya melalui produk yang dihasilkan, seperti Peta Laut Indonesia (PLI) maupun publikasi nautika. (jo-17)


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.