Tawarkan Lowongan Pekerjaan, Teman Facebook Menipu dan Bawa Kabur HP

Barnag bukti
JAKARTA, JO- Polsek Metro Tambora, Jakarta Barat, meringkus AS,35, penipu berkedok menawarkan lowongan kerja via Facebook. Aksi pelaku sudah merugikan Rena Gustiani,18, seorang perempuan warga Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat.

Kapolsek Metro Tambora Kompol Iver Son Manossoh mengatakan penipuan itu bermula ketika Rena berkenalan dengan pelaku melalui Facebook. AS kemudian menjanjikan lowongan pekerjaan untuk korban.

Korban pun bertemu dengan pelaku pada Senin, 8 April 2019, sekira pukul 19.00 WIB. Pertemuan berlangsung di depan Sekolah TK Budi, Jalan Jembatan Besi II RT 05/RW 03 Tambora.

"Saat ketemu handphone korban diminta oleh pelaku dengan alasan untuk mem-back up data dan disuruh untuk menunggu kurang lebih 40 menit," kata Kapolsek saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (29/4/2019).




Sekitar dua jam pelaku tak kunjung kembali. Korban akhirnya sadar sudah ditipu teman Facebooknya tersebut. "Saat kejadian korban sudah menghubungi pelaku namun tak ada jawaban," ucap Kapolsek.

Pada Jumat, 26 April 2019, korban bekerja sama dengan polisi untuk menangkap pelaku. Operasi ini dilakukan dengan memancing pelaku untuk bertemu di lokasi sekitar Jembatan Besi.

"Saat pelaku datang, langsung dilakukan penangkapan oleh anggota Buser Reskrim Polsek Tambora Bersama Panit Reskrim Iptu Eko Agus dan saksi korban berikut barang bukti milik korban yang berhasil disita dari pelaku," pungkas Kapolsek. (jo-2)


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.