Banjir di Jakarta Hari Ini, Gubernur Anies: Ini Contoh Banjir Kiriman - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Banjir di Jakarta Hari Ini, Gubernur Anies: Ini Contoh Banjir Kiriman

Kondisi banjir di kawasan Jatinegara, Jaktim, Jumat (26/4/2019). (foto: @TMCPoldaMetro)
JAKARTA, JO- Banjir melanda sejumlah titik di Jakarta, Jumat (26/4/2019) hari ini. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun mengatakan, banjir ini adalah contoh banjir karena kiriman dari Selatan. Tak hanya banjir, sampah juga dikirim dari Selatan.

"Ini adalah contoh situasi banjir karena kiriman dari Selatan.Di tempat itu tidak ada hujan sebetulnya, kita itu menerima air dari hulu ketika disana hujannya deras," kata Anies Baswedan.

Sementara mengenai sampah yang juga kiriman dari Selatan, Anies menyebut, petugas kebersihan DKI Jakarta berjibaku membersihkan sampah yang juga kiriman itu.

Dikatakan, saat ini sedang ada pembangunan dua waduk kering (dry dam) di Ciawi. Pembangunan waduk ini diharapkan bisa mengurangi atau setidaknya mengatur volume air yang mengalir hingga ke Jakarta.

"Dua bendungan ini insya Allah selesai tahun ini Desember. Jika selesai tahun ini volume aliran airnya bisa dikendalikan. Maka 30 persen potensi langsung akan turun," ujar dia.

Anies juga menambahkan, semua stakeholder di tingkat bawah hingga wali kota masih bekerja di lapangan untuk menanggulangi banjir.

Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melaporkan ada 17 RW yang sempat tergenang air. Beberapa di antaranya ialah Kelurahan Pejaten Timur, Srengseng Sawah dan Lenteng Agung. Kemudian ada Kelurahan Balekambang, Kelurahan Bidara Cina, Kelurahan Cawang dan Kelurahan Kampung Melayu.

Di sejumlah titik, tinggi banjir terlihat nyaris mencapai atap rumah warga. (jo-3)



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.