Awaluddin Djamin Mantan Kapolri “Bapak Satpam Indonesia” Dimakamkan di Kalibata - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Awaluddin Djamin Mantan Kapolri “Bapak Satpam Indonesia” Dimakamkan di Kalibata

Jenderal Pol (Purn) Prof Dr Awaluddin Djamin,MPA, PhD
JAKARTA,JO- Mantan Kapolri yang akrab dikenal sebagai “Bapak Satpam” Indonesia, Jenderal Pol (Purn) Prof Dr Awaluddin Djamin, MPA, PhD, Jumat (1/2/2019) akan dimakamkan siang ini di Taman Makam Kalibata, Jakarta, setelah sebelumnya disemayamkan di Auditorium PTIK.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian rencananya akan memimpin upacara penghormatan terakhir untuk Kapolri periode 1978-1982 yang meninggal dunia pada Kamis (31/1/2019) pukul 14.45 WIB di usia 91 tahun.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan ratusan anggota Kepolisian RI berseragam serba hitam ikut mengiringi peti jenazah dari rumah duka di Jalan Daha III Nomor 7, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (1/2/2019).

Dari pantauan di rumah duka, sejumlah karangan bunga dikirimkan berbagai tokoh nasional, di antaranya Presiden RI Joko Widodo, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri LHK Siti Nurbaya, Ketum PBB Yusril Mahendra, hingga Kapolri Tito Karnavian.




Jenderal Polisi (Purn) Prof Dr Awaluddin Djamin, MPA, PhD lahir di Padang, Sumatera Barat, 26 September 1927. Selain Kapolri, Awaluddin Djamin pernah menjadi menteri, anggota DPR, anggota Dewan Pertimbangan Agung, Direktur Lembaga Administrasi Negara, duta besar, rektor, guru besar.

Sepanjang hidupnya Awaluddin terus berkontribusi bagi bangsanya. Bahkan meskipun usia senja dengan keterbatasan fisiknya, dia terus aktif hadir dalam berbagai kegiatan dan menjadi narasumber dengan menggunakan kursi roda.

Di mata keluarga, dia juga seorang sosok yang sangat dekat. “Beliau sampai akhir hayat selalu berkontribusi untuk bangsanya, dan sosok yang sangat dekat dengan keluarga.Banyak teladan yang diberikan oleh beliau bagi anak-anak, keponakan, cucu dan cicit,” kata Iqbal Alan Abdullah, salah seorang keponakan Awaluddin Djamin. (jo-2)


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.