Jabatan Kapolda Metro Jaya Resmi Diserahterimakan ke Irjen Pol Gatot Eddy Pramono

JAKARTA, JO- Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memimpin serah terima jabatan (sertijab) Kapolda Metro Jaya dari Irjen pol Idham Azis ke Irjen Pol Gatot Eddy Pramono, di ruang Rupatama Markas Besar Kepolisian RI ( Mabes Polri), Jakarta Selatan, Kamis (24/1/2019).

Irjen Pol Gatot mengucapkan sumpah jabatan yang antara lain menyebut akan setia dan taat sepenuhnya pada Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Setelah sumpah jabatan, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memberikan sambutan yang menekankan pergantian jabatan adalah sesuatu yang biasa dalam struktur Polri.

"Polri solid. Tolong pihak eksternal mendorong soliditas Polri. Tidak ada fraksi dan friksi-friksi di dalam Polri,” kata Kapolri.




Menurut Kapolri, hal terpenting dalam setiap jabatan Polri adalah mengemban tugas yang diberikan secara amanah dan memberikan kontribusi nyata bagi organisasi, bangsa, dan negara.

"Di tempat baru apa pun tempatnya adalah jalan Tuhan, amanah Tuhan harus diemban sebaik-baiknya,” kata Kapolri.

Pada kesempatan itu, Kapolri juga melantik Irjen Pol Idham Aziz sebagai Kabareskrim Polri menggantikan Komjen Pol Arief Sulistyanto. Sementara Komjen Arief menduduki jabatan baru sebagai Kalemdiklat Polri.

Selanjutnya, posisi Asisten Bidang Perencanaan dan Pengadaan Polri diisi Irjen Pol Agung Sabar Santoso.

Komjen Pol Unggung Cahyono yang kini menjabat Kalemdiklat Polri akan menempati jabatan baru, yakni Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam). Kabaintelkam saat ini, Komjen Pol Lutfi Lubihanto, akan memasuki masa pensiun.

Selanjutnya, Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Pol Umar Septono menjabat sebagai Wairwasum Polri.

Kemudian, Dankor Brimob Polri Irjen Pol Rudy Sufahriadi menjabat sebagai Asops Kapolri. Sementara posisi Komandan Brimob akan diisi Irjen Pol Ilham Salahudin.

Lalu Kapolda Bengkulu, Brigjen Pol Supratman yang menggantikan Brigjen Pol Coki Manurung. Brigjen Pol Supratman sebelumnya menjabat sebagai Wakapola Jawa Barat. Brigjen Pol Coki dipindahtugaskan menjadi Widyaswara Utama Sespim Lemdiklat Polri.

Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Pol Hamidi yang sebelumnya Pati Densus 88 Antiteror akan menggantikan Irjen Pol Umar Septono yang dimutasi menjadi Wairwasum Polri.

Kemudian, Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Suroto yang sebelumnya menduduki jabatan Karopsi SSDM Polri akan menggantikan posisi Brigjen Pol M Naufal Yahya yang dimutasi menjadi Waketbidkermadianmas STIK Lemdiklat Polri.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.