Museum Islam Indonesia di Tebuireng Penghormatan kepada Para Ulama yang Berjuang bagi Kemerdekaan RI

Museum Islam Indonesia di Tebuireng, Jombang, Jawa Timur.
JAKARTA, JO- Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan meresmikan Museum Islam Indonesia, yang terletak di Tebuireng, dekat dengan lokasi Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Jatim), pada Selasa (18/12/2018) ini.

Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng KH Salahudin Wahid mengatakan, selain akan meresmikan Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy’ari, Presiden Jokowi juga dijadwalkan akan menghadiri sejumlah acara lain selama kunjungannya di Jombang.

Selain ke Ponpes Tebuireng, Presiden Jokowi dijadwalkan akan berkunjung ke Pondok Pesantren Darul Ulum, Pondok Pesantren Bahrul Ulum di Tambak Beras hingga Pondok Pesantren Mambaul Maarif, Denanyar, Jombang.




Mengenai Museum Islam Indonesia itu, Salahudin Wahid mengemukakan, dibangun dari anggaran pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebesar Rp 30 miliar.

“Museum tersebut sebagai bentuk penghormatan kepada para ulama yang berjasa dalam berjuang bagi kemerdekaan RI,” kata Salahudin.

Museum tersebut menyimpan banyak benda-benda bersejarah soal perkembangan Islam Nusantara, buku-buku, kitab pemikiran para ulama, dan benda-benda lainnya.

“Museum ini nantinya juga diharapkan bisa menjadi bahan rujukan dan referensi tentang Islam Indonesia,” jelas Salahudin


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.