Hari Kesehatan Nasional di Samosir, Prioritaskan Mengubah Pola Hidup Sehat - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion
Hari Kesehatan Nasional
PANGURURAN, JO- Peringatan Hari Kesehatan ke-54 Tingkat Kabupaten Samosir dirangkai apel gabungan dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Samosir, Senin (6/11/2018).

Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga bertindak sebagai inspektur upacara yang sekaligus membacakan pidato dari Menteri Kesehatan RI Dr dr Nila Farid Moeloek, SpM (K).

"Peringatan HKN ke-54 ini sebagai momentum yang baik untuk mengingatkan kita bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua bangsa berperan serta dalam upaya memprioritaskan promotive-preventif mengubah pola hidup sehat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang tertuang dalam Inpres No1 Tahun 2017," kata Juang Sinaga mengutip Menkes Nila Moeloek.

Pemenuhan SDM kesehatan untuk memenuhi akses pelayanan kesehatan khususnya di daerah terpencil, perbatasan, dan kepulauan (DTPK), hingga Tahun 2017 telah menempatkan 6.316 tenaga kesehatan melalui Nusantara Sehat (NS) serta penugasan khusus calon dokter spesialis.




Kepala Puskesmas diminta agar mengerahkan seluruh potensi yang dimiliki dalam rangka menyelesaikan permasalahan kesehatan di daerah masing masing. Saat ini alokasi anggaran untuk bidang kesehatan yang disiapkan oleh pemerintah cukup besar, sehingga besar juga harapan agar permasalahan kesehatan dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya.

Mengakhiri kata sambutannya, melalui Peringatan HKN saat ini, diharapkan semua pihak mengobarkan semangat melayani, menggerakan, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan masyarakat dalam pencapaian derajat kesehatan yang setinggi-tingginya yang dimulai dari diri kita.

Pada kesempatan tersebut wakil bupati Samosir menyerahkan Penghargaan kepada kepala desa berprestasi di bidang kesehatan dan 26 petugas kesehatan berprestasi serta menyerahkan mobil puskesama keliling ke tiga kecamatan untuk kelancaran pelayanan kesehatan.

Di penghujung acara Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Samosir dr Nimpan Karokaro menyerahkan penghargaan yang diterimanya dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia di Sorong Papua Barat (30/9/2018) kepada wakil Bupati Samosir. Ada 53 bupati/walikota di Indonesia yang diberi penghargaan oleh Menkes RI karena pencapaian kampanye imunisasi campak rubella (MR) 95 persen. (fsrt)

Diberdayakan oleh Blogger.