Dinas SDA DKI Percepat Pembangunan RO di Kepulauan Seribu Utara, Warga Gembira - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Dinas SDA DKI Percepat Pembangunan RO di Kepulauan Seribu Utara, Warga Gembira

Pembangunan RO di Kepulauan Seribu Utara.
JAKARTA, JO-Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta mempercepat proyek pembangunan Reserve Osmosis (RO) di empat titik di Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu.

Empat titik lokasi proyek yakni di Pulau Kelapa Dua, Pulau Panggang, Pulau Pramuka dan Pulau Payung.

Proyek tersebut disambut positif oleh masyarakat setempat, mengingat pekerjaan RO yang sempat tertunda pada tahun 2016 yang lalu dan dilanjutkan pada tahun ini 2018.

Nilai anggaran saat itu Rp 90 miliar dengan kontrak glondongan satu paket pada waktu itu, yang mengakibatkan pekerjaan mangkrak,karena diduga kontraktornya tak mampu melaksanakan secara finansialnya.

Aditya, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas SDA, didampingi EG Susanto, Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) ketika dikonfirmasi berharap kontraktor dapat melaksanakan pekerjaan ini sampai selesai tepat waktu.

"Berdeda dengan tahun lalu, jika waktu itu kontraktor pekerjaan dengan satu paket, kali ini kontraktor tentunya lebih mudah mengerjakan dan kontrol atas pekerjaan RO ini. Tidak dipungkiri bahwa kendala pekerjaan di pulau seringkali karena tarnspotasi material," ujar EG Susanto PPTK SDA di ruang kerjanya, Kamis (8/11/2018).

EG Susanto menjelaskan, proyek ini atas usulan masyarakat Pulau Seribu agar dapat menggunakan air tawar sebagai kebutuhan rumah tangga, sehingga perlu dikebut. Untuk tahun depan pembangunan dilanjutkan di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan tentunya melalui lelang.

” Kami berterimakasih kepada masyarakat yang turut mengawasi proyek ini dan juha kepada media juga yang turut mengawasi pekerjaan ini," ucapnya.




Aditya menambahkan, untuk pekerjaan secara teknik tidak ada kendala karena perakitan mesin untuk pengolahan air laut menjadi air tawar dalam proses di darat. "Dengan segala hal yang lainya terkait pekerjaan tersebut kami berharap kontraktor menyelesaikan secepatnya tanpa ada penambahan waktu," tegasnya.

Atas keseriusan pemerintah dibangunya kembali RO yang dulu mangkrak, masyarakat menyambut dengan gembira. "Sebagai ibu rumah tangga sangat berterima kasih kepada Pak Bupati maupun Bapak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah membangun RO di tempat kami," kata Nuraini, seorang warga.

"Apalagi pipa air sudah dibuat yang nantinya akan di salurkan langsung ke rumah warga seperti PAM gitu, tinggal buka kran langsung ngalir, nggak pake ngangkut lagi.”ucapnya. (jo-6)


Diberdayakan oleh Blogger.