Di Forum KTT ASEAN-AS, Indonesia Tegaskan "Two State Nation" Solusi Konflik Palestina dan Israel

KTT ASEAN-Amerika Serikat (AS) di Singapura.
JAKARTA, JO- Indonesia kembali menyatakan sikapnya mengenai masalah Palestina. Di forum KTT ke-6 ASEAN-AS yang berlangsung di Suntec Convention Centre, Singapura, Kamis (15/11/2018).

Seperti disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Indonesia meyakini bahwa two state solution atau solusi dua negara menjadi satu-satunya cara untuk merealisasikan perdamaian sekaligus meredam konflik yang terjadi di Palestina dan Israel.

“Untuk mencapai perdamaian yang berkeadilan dan abadi hanya ada satu jalan, yaitu perdamaian berdasarkan two state solution,” ucapnya.




Bagi Indonesia sendiri, isu Palestina merupakan hal krusial bagi diplomasi perdamaian yang dijalankan Indonesia di dunia internasional. Penyelesaian isu tersebut dipandang penting sebagai upaya menciptakan stabilitas tidak saja di Timur Tengah, tapi juga bagi dunia.

Oleh karenanya, Presiden Jokowi mendorong seluruh pihak untuk memberikan perhatian ekstra bagi isu perdamaian antara Palestina dan Israel dengan memperhatikan asas keadilan dan perdamaian abadi serta berlandaskan solusi dua negara.

Sehari sebelumnya, Presiden Jokowi menggelar pertemuan bilateral dengan Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence. Pertemuan berlangsung di Suntec Convention Centre, Singapura, Rabu (14/11/2018).

Dalam pertemuan tersebut, Indonesia dan Amerika membahas kerja sama dalam tiga bidang. Pertama, kerja sama dalam membangun masyarakat yang majemuk.(jo-2)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.