Kapolres Samosir Tegaskan akan Tindak Pelaku Hoax dan Adu Domba - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion
Deklarasi Pemulu Damai di Samosir.
PANGURURAN, JO- Menghadapi Pemilu 2019, semua pihak diminta untuk memberikan energi positif, penuh damai dan menghindari kampanye negatif dan hoax. Karena pihak kepolisian akan mempidanakannya bila dilakukan oleh pihak pihak tidak bertanggung jawab.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Samosir AKBP Agus Darojad, SIk, MH pada acara Deklarasi Damai Mendukung Pileg dan Pilpres 2019.

"Hari ini kita melaksanakan kegiatan deklarasi damai untuk memberikan energi positif, kepada semua elemen masyarakat untuk mendukung pemilu yang yang aman, damai dan sejuk. Hindarkan kampanye negatif, hoax dan adu domba. Kami akan memproses setiap tindak pidana yang terjadi, " tegas AKBP Agus Darojat, SIK, MH pada Selasa(16/10) di Aula Wira Satya Polres Samosir, Samosir, Sumatera Utara (Sumut).

Agus menambahkan bahwa terkait pengamanan pemilu 2019, Polres Samosir terus berkoordinasi, melakukan pemetaan, dan himbauan kepada masyarakat. "Kami terus mengimbau supaya jangan melakukan tindakan yang sifatnya hoax dan adu domba serta perbuatan melanggar hukum, siapapun orangnya saya tidak akan segan segan menindak sesuai mekanisme yang berlaku," sebut kapolres.




Kegiatan Deklarasi Damai Pemilu ini dilakukan Polres Samosir berdasarkan surat Polda Sumatera Utara (Polda Sumut) Nomor : R/Ren Ops/08/VIII/OPS.1.1.1/2018 tanggal 27 Agustus 2018 dalam rangka pengamanan Pemilihan Umum 2019, serta Rencana Operasi Mantap Brata Toba 2018.

Sementara itu, Ketua KPU Samosir Fernando Sitanggang menyampaikan bahwa pada kampanye ini baik partai politik dan calon legislatif dengan mematuhi aturan yang ada.
"Silahkan bersosialisaai. Parpol dan caleg boleh bersosialisasi melalui APK baik itu Baliho dan Spanduk dengan mematuhi aturan yang ada, " ujar Fernando Sitanggang.

Masalah penambahan TPS Samosir dari jumlah 322 TPS menjadi 452 TPS juga menjadi sorotan Ketua KPU Samosir.

"Akan menjadi kesulitan dalam pengamanan nya baik oleh polisi maupun pihak keamanan. Kami juga akan mengalami kesukaran dalam perekrutan KPPS yang berjumlah lebih dari 3000 ribu personil, karenanya kami mohon bantuan dari seluruh stakeholders " tambah Fernando Sitanggang.

Dalam kegiatan ini, turut hadir Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon, MM ; Wakil Bupati Samosir Ir Juang Sinaga, Dandim 0210 Taput diwakili Pelda F Gurning, Kajari Samosir Budi Herman, SH, MH; Ketua DPRD Samosir Rismawaty Simarmata, Ketua KPUD Fernando Sitanggang dan Ika Rolina Samosir, Ketua Panwaslih Samosir Anggia Sinaga, SS; utusan 13 parpol, tokoh masyarakat, agama, insan pers, LSM, OKP, serta seluruh kabag-kasat dan perwira di wilayah Polres Samosir (jabs)


Diberdayakan oleh Blogger.