Bupart Samosir Rapidin Simbolon membuka Semimar Nasional dan Sosialisasi AKD.
PANGURURAN, JO- Bupati Samosir Rapidin Simbolon membuka secara resmi kegiatan seminar nasional dan sosialisasi analisis kebutuhan diklat (AKD), Senin (8/10/2018) di Aula Hotel Dainang Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan sumber daya manusia (SDM) Kabupaten Samosir, melalui visi terwujud nya masyarakat Samosir yang mandiri, sejahtera, dan berdaya saing berbasis pariwisata dan pertanian.

Kadis Pendidikan Ricardo Hutajulu menyampaikan, Pemkab Samosir melalui Dinas Pendidikan akan menciptakan generasi SDM yang berdaya saing dan berkompetensi dalam segala bidang. Tinggi rendahnya kualitas SDM terletak pada guru dan kepala sekolah dalam mengajar dan membentuk karakter para murid didiknya. Guru, kata dia, adalah ujung tombak menciptakan kualitas pendidikan yang bermutu.

"Terimakasih juga kami sampaikan kepada Toba Pulp Lestasi (TPL) yang sudah ikut berperan dalam menciptakan generasi Samosir yang berdaya saing, melalui kerjasama dengan pihak TPL. Kami laporkann juga siswa/i SMP di Samosir 10 orang berhasil menjadi siswa/i terbaik SMA DEL tahun 2018," sambungnya.

Dikatakan, acara ini juga untuk mendiagnosa permasalahan para guru dan kepala sekolah sekaligus memotivasi serta meningkatkan wawasan dan pengetahuan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Samosir.




Direktur Social Capital PT TPL Mulia Nauli menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang turut membantu meningkatkan kualitas Pendidikan SDM di Kabupaten Samosir,

”Apa artinya kalau pembangunan infrastruktur meningkat tapi tidak diimbangi dengan SDM yang berkualitas,” ucap Mulia Nauli.

Dalam meningkatkan SDM yang berkualitas dimulai dari tingkat Pendidikan Usia Dini (PAUD). "Ibarat Kertas yang kosong kalau salah tulis maka hasilnya akan jelek," ujar Direktur TPL.

Bupati Samosir dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada pihak TP yang sudah memfasilitasi kegiatan ini dan terimakasih juga kepada para rombongan dari UNIMED sebagai narasumber dan pengajar dalam mendiagnosa ataupun bagaimana untuk menemukan apa yang menjadi masalah-masalah dari para guru dan kepala sekolah dalam mengembangkan kualitas pendidikan dari pada anak didik itu sendiri.

"Diharapkan kepada seluruh peserta guru dan kepala sekolah agar memahami dan mengerti apa saja permasalahan yang di hadapi untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Samosir, diharapkan juga kepada para narasumber untuk memberikan pelatihan-pelatihan agar para guru dan kepala sekolah dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih baik, Sehingga SDM di Kabupaten Samosir dapat bersaing ditingkat strata apapun," katanya.

Turut hadir dalam kegitan ini rombongan dari Unimed Prof Dr Syawal Gultom, MPd (Rektor Unimed), Prof Dr Abdul Hamid K, MPd (Wakil Rektor 1), prof Dr Maninghar Situmorang, MSc, PhD (Wakil Rektor IV), Dr Martina Restuati, MSi (Dekan FMIPA), Dr Isda Pramuniati, MHum (Dekan FSB), Assesor/eksekutor kegiatan Prof Dr Julaga Situmorang, MPd, Prof Dr Effendi Napitupulu. (fsrt)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.