Kenalkan Sejarah ke Siswa, SMK Citra Negara Nobar Film G30S/PKI - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion
Nonton bareng di SMK Citra Negara, Depok.
DEPOK, JO - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Citra Negara Depok, Jawa Barat menggelar nonton bareng (nobar) film G30S/PKI di Aula sekolah tersebut, Kamis (27/9/2018).

Kepala SMK Citra Negara Depok Ir Lukman Kharis mengatakan, pemutaran film tersebut sebagai salah satu usulan dari mata pelajaran sejarah yang diikuti oleh 2204 orang peserta didik.

"Ada perlu penjelasan tentang pemberontakan G30S/PKI ini dan ini adalah sebagai pengingat sejarah kelam bangsa Indonesia yang terjadi pada tahun 1965 silam. Yakni, adanya aksi pengkhianatan PKI terhadap bangsa Indonesia,” ujar Lukman.




Para siswa, lanjut Lukman, juga akan diminta membuat tugas usai menonton film. Misalnya berupa tulisan berisi kesan-kesan atau ringkasan dari film yang baru saja disaksikan.

Dia menganggap hal itu penting agar siswa benar-benar menyaksikan dengan saksama serta dapat mengambil intisari dari film.

Lukman juga tidak takut siswanya menjadi mudah terpancing amarah jika mendengar isu kebangkitan PKI. Ia menyebut dalam acara nonton bareng, pihak sekolah akan mengedepankan aspek kedamaian. (gayuh)

Diberdayakan oleh Blogger.