Wabup Samosir Pimpin Acara Penguburan Korban KM Sinar Bangun - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Wabup Samosir Pimpin Acara Penguburan Korban KM Sinar Bangun

Kapal di Danau Toba.
SIMANINDO, JO-Pemerintah Kabupaten Samosir menggelar upacara penguburan korban tenggelamnya KM Sinar Bangun warga jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) di Pelabuhan Simanindo, Samosir. Setelah itu mereka bergerak menuju titik penemuan nangkai kapal oleh tim Basarnas.

Wakil Bupati Samosir Ir Juang Sinaga mengatakan semoga kejadian seperti ini tidak terulang lagi. Kita akan membenahi fasilitas untuk kenyamanan dan keamanan pengunjung.

Jumlah korban warga jemaat HKBP yang tidak ditemukan berjumlah 16 orang.

Acara yang berlangsung Selasa (3/7/2018) itu diawali dengan Kebaktian singkat yang dibawakan oleh Pareses Distrik VII Samosir Pdt Mangido Tua Pandiangan yang diikuti keluarga Korban KM Sinar Bangun yang warga jemaat HKBP baik yang berdomisili di Kabupaten Samosir dan di luar Kabupaten Samosir.

Kepala Departemen Koinonia HKBP Pdt Dr Martongo Sitinjak dalam renungannya menyampaikan agar keluarga korban tetap tabah atas ujian ini, mari kita berdoa agar para korban diberikan tempat di sisi Tuhan. Pada kesempatan itu HKBP Distrik VII Samosir menyampaikan sumbangan kepada para keluarga korban KM Sinar Bangun yang warga HKBP.

Setelah acara kebaktian para pendeta yang berjumlah 20 orang bersama para keluarga korban didampingi Pemkab Samosir bersama menuju kapal ferry KMP Tao Tiba I bersama bergerak menuju titik penemuan bangkai kapal oleh tim Basarnas.




Para pendeta yang dibagi mendampingi masing-masing keluarga korban melakukan acara penguburan secara HKBP dengan menyebut nama-nama korban, dilanjutkan dengan "mandabu tano" / tabur bunga oleh para keluarga korban sebagai bentuk doa kepada Tuhan.

Diakhiri acara Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga menyampaikan kepada para keluarga korban rasa turut berdukacita mewakili pemerintah Kabupaten Samosir.

"Kita sudah berusaha semaksimal mungkin tetapi inilah kehendak Tuhan mari kita berdoa agar para korban diterima disisiNya. Kita belajar dari kejadian ini untuk mengevaluasi sistem angkutan danau kita. Akan kita berikan kenyamanan dan keamanan kepada para masyarakat dan pengunjung," katanya.

Adapun ke-16 warga HKBP tersebut berasal dari HKBP Sihusapi Resort Simarmata (4 orang) , HKBP Resort Simanindo ( 1 orang) , HKBP Lubuk dalam Riau (1 orang) , HKBP Bah Birong (1 orang) , HKBP Panae Tonga ( 1 orang) HKBP Batu IV (1 orang) , HKBPSalbe Tigaras (2 orang) dan HKBP Resort Duren Sawit (5 orang). (fsrt)
Diberdayakan oleh Blogger.