Distan Samosir Bagikan 40 Unit Pompa Air ke Kelompok Tani - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion
Pompa air (Ilustrasi)
SAMOSIR, JO- Dinas Pertanian Samosir membagikan 40 unit pompa air ke kelompok tani (poktan) yang ada di Samosir, Sumatera Utara. Bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran (TA) 2018, pompa jenis Yanmar akan dibagikan kepada kelompok tani di lima kecamatan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Samosir Erkanus Simbolon mengatakan, Minggu (22/7/2018), mesin dibagikan khusus untuk poktan yang lahannya dekat pantai.

"Bersumber dari APBN TA 2018, akan dibagikan khusus untuk kelompok tani yang lahan sawahnya berdekatan dengan pantai. Sehingga diharapkan, bisa meningkatkan produksi pertanian, dari sekali tanam/tahun, diharapkan bisa jadi dua kali tanam tahun," kata Erkanus.




Jadi dengan demikian, sambungnya, upaya khusus (upsus) peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai, bisa tercapai di Kabupaten Samosir, dan juga sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Minggu depan kita bagi. Sekarang kita sudah proses SK. Prosesnya tahun 2017, sekarang tinggal realisasi," ujarnya.

Kelima kecamatan yang menerima pompa, yaitu Kecamatan Pangururan, Simanindo, Palipi, Nainggolan dan Onan Runggu. "Kalau di seberang Danau, umumnya irigasi mereka lancar," ujar Erkanus. (fsrt)

Diberdayakan oleh Blogger.