Pernyataan bersama yang ditandatangani Trump dan Kim Jong Un.
JAKARTA, JO- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un melakukan pertemuan bersejarah di Pulau Sentosa, Singapura, Selasa (12/6/2018). Berikut ini adalah teks pernyataan bersama yang ditadatangani kedua  tokoh ini.


Pernyataan Bersama Presiden Donald J Trump dan Pimpinan Kim Jong Un dari Demokratic People's Republic of Korea di KTT Singapura

Presiden Trum dan ketua Kim Jong un menggelar pertemuan pertama bersejarah di Singapura, 12 Juni 2018.

Presiden Trump dan Kim Jong Un melakukan pertukaran pendapat yang komprehensif, mendalam, dan tulus tentang isu-isu yang terkait dengan pembentukan hubungan baru AS-DPRK dan pembangunan rezim perdamaian yang abadi dan kuat di Semenanjung Korea. Presiden Trump berkomitmen untuk memberikan jaminan keamanan kepada DPRK, dan Ketua Kim Jong Un menegaskan kembali komitmennya yang teguh untuk menyelesaikan denuklirisasi Semenanjung Korea.

Yakin bahwa pembentukan hubungan baru AS-DPRK akan memberikan kontribusi bagi perdamaian dan kemakmuran Semenanjung Korea dan dunia, dan mengakui bahwa membangun kepercayaan bersama dapat mempromosikan denuklirisasi Semenanjung Korea, Presiden Trump dan Ketua Kim Jong Un menyatakan sebagai berikut:

1. Amerika Serikat dan DPRK berkomitmen untuk membangun hubungan baru AS-DPRK sesuai dengan keinginan masyarakat kedua negara untuk perdamaian dan kemakmuran.

2. Amerika Serikat dan DPRK akan bergabung dalam upaya mereka untuk membangun rezim perdamaian yang abadi dan stabil di Semenanjung Korea.

3. Menegaskan kembali Deklarasi Panmunjom 27 April 2018, DPRK berkomitmen untuk bekerja menuju denuklirisasi menyeluruh Semenanjung Korea.

4. Amerika Serikat dan DPRK berkomitmen untuk memulihkan POW / MIA (tahanan perang) tetap, termasuk pemulangan segera dari mereka yang sudah diidentifikasi.




Setelah mengakui bahwa KTT AS-DPRK - yang pertama dalam sejarah - adalah peristiwa penting yang sangat penting dan mengatasi ketegangan dan permusuhan puluhan tahun antara kedua negara dan untuk pembukaan masa depan yang baru, Presiden Trump dan Ketua Kim Jong Un berkomitmen untuk menerapkan ketentuan dalam pernyataan bersama ini secara penuh dan cepat. Amerika Serikat dan DPRK berkomitmen untuk mengadakan negosiasi lanjutan yang dipimpin oleh Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, dan pejabat tingkat tinggi DPRK yang relevan, sesegera mungkin, untuk melaksanakan hasil KTT DPR-AS.

Presiden Donald J Trump dari Amerika Serikat dan Ketua Kim Jong Un dari Komisi Urusan Negara Republik Demokratik Rakyat Korea telah berkomitmen untuk bekerja sama untuk pengembangan hubungan baru AS-DPRK dan untuk mempromosikan perdamaian, kemakmuran, dan keamanan Semenanjung Korea dan dunia.

12 Juni 2018
Pulau Sentosa



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.