Instalasi Pengelolaan Air Limbah "PAL-Adrich Tech System" Diresmikan di Kosambi

Sandiaga Uno
JAKARTA, JO-Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, Rabu (23/5/2018) pagi tadi meresmikan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) "PAL-Adrich Tech System" di Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat.

Sandiaga Uno mengatakan bahwa PAL Adrich Tech System ini merupakan temuan dua putra Indonesia yang inovatif dan tepat guna dengan memanfaatkan teknologi fisika.

"Saat ini kita lihat bersama hasil penemuan anak bangsa dengan menggunakan teknologi fisika, air tinja yang diolah oleh PD PAL Jaya yang selama tujuh hari menjadi air buangan, namun saat ini dalam waktu 30 menit diolah menjadi air utilitas," kata Sandiaga Uno.

Dengan teknologi ini, sambung Sandiaga Uno, air limbah yang berwarna hitam berubah jernih yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk menyirami tanaman sawah milik warga yang berada di sekitar areal IPAL Duri Kosambi.D alam kurun waktu tiga tahun ke depan, akan dipasang sebanyak 200 unit Andric Tech System di ibukota.

"Harapannya dengan penemuan ini dalam waktu tiga tahun kedepan akan mampu menyerap sekitar 10 ribu tenaga kerja baru," harapnya.

Dirut PD PAL Jaya Subekti mengatakan, sebanyak 100 tangki truk tinja setiap hari akan diproses di instalasi pengolah lumpur Duri Kosambi.

"Mudah mudahan tahun depan, kita akan memulai proyek pemasangan perpipaan air limbah dari Slipi, Grogol hingga ke Duri Kosambi dengan nilai investasi Rp 4,1 triliun," katanya.

Menurutnya, selama ini pengelolaan limbah tinja di Duri Kosambi dilakukan melalui dua cara yakni konvensional dan mekanikal. (jo-6)

"Limbah tinja yang diolah dengan cara konvensional sebanyak 300 meter kubik dan mekanikal sekitar 900 meter kubik per hari dalam waktu tujuh hari lamanya untuk mengolah air tinja secara konvensional.Saat ini dengan penerapan Andrich Tech System, waktu pengolahan hanya 30 menit dan bahan baku yang dihasilkan dapat digunakan untuk utilitas," tandasnya. (jo-6)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.