Pushidrosal Tingkatkan Kerja Sama Hidrografi di Kawasan Pasifik Selatan - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Pushidrosal Tingkatkan Kerja Sama Hidrografi di Kawasan Pasifik Selatan

Kapushidroal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro mengikuti15th South West Pacific Hydrographic Commission Conference (SWPHC) di Hotel Tokatoka Nadi Fiji.  
JAKARTA, JO- Dalam rangka meningkatkan peran dan eksistensinya di tingkat internasional, Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) mengirimkan delegasi dalam konferensi regional pasifik selatan 15th South West Pacific Hydrographic Commission Conference (SWPHC) di Hotel Tokatoka Nadi Fiji.

Delegasi Pushidrosal dipimpin langsung oleh Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro serta didampingi Dirpamkersamtas Kolonel Laut (E) Yanuar Handwiono dan kasubditkerjasama Letkol Laut (P) Oke Dwiyana .

Konferensi tersebut, semula direncanakan akan dilaksanakan di Nukualofa Tonga, akan tetapi sehubungan dengan terjadinya bencana Taifun Gita, sehingga konferensi dipindahkan ke Nadi-Fidji. Adapun taifun Cyclone Gita yang melanda Tonga pada Senin, 12 Februari yang lalu menimbulkan kerusakan pada sarana dan fasilitas umum termasuk gedung parlemen Tonga, serta lumpuhnya pasokan listrik dan air bersih di wilayah setempat.

Kehadiran delegasi Pushidrosal pada kegiatan tersebut adalah atas undangan dari secretariat SWPHC sehubungan dengan pengajuan rencana usulan Pushidrosal untuk dapat menjadi anggota SWPHC. Pada agenda kegiatan hari pertama konferensi SWPHC tersebut, Pushidrosal diberikan kesempatan untuk menyampaikan National Report dan profile dari Pushidrosal kepada seluruh anggota dan peserta konferensi SWPHC.

Latar belakang keinginan Pushidrosal untuk bergabung dengan SWPHC adalah dalam rangka meningkatkan kualitas data sebagai bagian dari upaya mendukung tercapainya global charting yang merupakan mandate dari IHO selain juga sebagai upaya harmonisasi produk Electronic Navigational Chart (ENC) di wilayah perairan perbatasan.

Baca hotel terbaik di Paris, tulis komentarmu
Bandingkan harga hotel dan reviewnya di New York City
Baca review rental liburan di seluruh dunia
Ada apa di London? Cari hotel termurah dan nyaman disana!


SWPHC merupakan salah satu Regional Hydrographic Commission (RHC) dibawah koordinasi organisasi International Hydrographic Commission (IHO) yang berada di Navarea X (Australia) dan Navarea XIV (Salandia Baru). SWPHC terdiri dari delapan negara anggota tetap yaitu Australia, Fiji, France, New Zealand, Papua New Guinea, Tonga, UK, USA dan 8 (delapan) associate members yaitu Cook Islands, Kiribati, Niue, Palau, Samoa, Solomon Islands, Vanuatu termasuk Indonesia (Pushidrosal) serta observer yaitu New Caledonia. Pada 15th SWPHC Conference juga dilaksanakan pengukuhan kepada Vanuatu sebagai anggota SWPHC yang telah diterima sebagai anggota IHO.

Pada sambutan pembukanya, Kapushidrosal mengucapkan terima kasih atas penyampaian undangan dari SWPHC untuk hadir dalam kegiatan 15th SWPHC Conference di Nadi, Fiji dan juga menyampaikan turut belasungkawa dan turut prihatin atas musibah yang menimpa Tonga. Menutup sambutannya, Kapushidrosal menyampaikan bahwa Pushidrosal saat ini terus berupaya untuk dapat meningkatkan kualitas data dari produk-produk yang dihasilkan oleh Pushidrosal, dan untuk beberapa tahun kedepan perairan wilayah Indonesia Timur akan menjadi prioritas pembaharuan data batimetri untuk peta laut Indonesia.

Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan kerjasama regional khususnya dengan Australia untuk dapat melaksanakan pemutakhiran data peta laut di perbatasan khususnya untuk harmonisasi ENC di wilayah perairan perbatasan antar kedua negara maupun dengan negara pasifik selatan lainnya seperti Palau.

Dalam penyampaian presentasi country report dan profile Pushidrosal, juga disampaikan bahwa Indonesia sebagai salah satu negara kepulauan yang terbesar, memiliki banyak pengalaman serta kemampuan yang dapat bermanfaat bagi negara kawasan pasifik selatan yang sebagian besar merupakan negara kepulauan. Pushidrosal juga menawarkan program pelatihan yang merupakan bagian dari program Capacity building EAHC yang direncanakan akan diselenggarakan oleh Pushidrosal kepada negara anggota SWPHC untuk dapat hadir sebagai peserta. Selain itu, Pushidrosal juga menawarkan kepada negara anggota SWPHC untuk dapat mengirimkan personelnya sebagai siswa pada pendidikan kursus hidrografi Cat B dengan sertifikasi IHO yang secara rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

Dari negara anggota SWPHC, sangat menyambut baik proposal Pushidrosal sebagai representasi Lembaga Hidrografi Nasional Indonesia seperti yang disampaikan oleh ketua sidang Commodore Fiona Freeman, selain itu perwakilan negara Fidji, Papua Nuigini dan Inggris maupun Amerika Serikat menanggapi secara positif serta mendukung kehadiran peran Pushidrosal di kawasan SWPHC. (jo-17)


Diberdayakan oleh Blogger.