Museum Bahari Terbakar, Ini Koleksi yang Hangus - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion
Pemadam kebakaran bekerja memadamkan api yang membakar Museum Bahari. (@tmcpoldametro)
JAKARTA, JO- Museum Bahari yang terletak di Jalan Pasar Ikan No 1 Sunda Kelapa, Jakarta Utara terbakar sekitar pukul 08.55 WIB. Area terbakar di sisi utara museum menghanguskan sejumlah koleksi miniatur dan alat-alat navigasi.

Terbakarnya berbagai koleksi itu disampaikan Kepala Museum Bahari Husnison Nizar. Meski belum menjelaskan jumlah dan nama koleksi yang terbakar, Husnison menyebut koleksi yang terbakar itu koleksi miniatur dan alat-alat navigasi.

Koleksi yang terbakar diantaranya koleksi sumbangan dari kedutaan besar negara asing.

"Di Blok adalah ruangan pameran perang laut Jawa dimana koleksinya itu adalah benda-benda yang disumbangkan oleh kedutaan yang bekerja sama dengan Museum Bahari, seperti kedutaan Amerika, kedutaan Inggris, keduaan Australia dan Belanda," jelas Husnison.

Tdak ada korban luka maupun jiwa saat kebakaran terjadi. Pegawai dan pengunjung museum telah diungsikan ke luar museum.

Museum Bahari adalah museum yang menyimpan koleksi yang berhubungan dengan kebaharian dan kenelayanan bangsa Indonesia dari Sabang hingga Merauke yang berlokasi di seberang Pelabuhan Sunda Kelapa. Museum ini adalah salah satu dari delapan museum yang berada di bawah pengawasan dari Dinas Kebudayaan Permuseuman Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Koleksi-koleksi yang disimpan terdiri atas berbagai jenis perahu tradisional dengan aneka bentuk, gaya dan ragam hias, hingga kapal zaman VOC. Selain itu ada pula berbagai model dan miniatur kapal modern dan perlengkapan penunjang kegiatan pelayaran. Juga peralatan yang digunakan oleh pelaut pada masa lalu seperti alat navigasi, jangkar, teropong, model mercusuar dan meriam. (jo-7)
Diberdayakan oleh Blogger.