Maskapai Penerbangan Paling Aman 2018? Ini Dia Daftarnya - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion
Ilustrasi (@airlineratings.com)
JAKARTA, JO- The Aviation Safety Network menyebut, tahun 2017 merupakan tahun teraman dalam sejarah penerbangan. Namun dari catatan, kecelakaan penerbangan sebenarnya telah mengalami penurunan global secara konsisten sejak tahun 1992.

Selain menjadi tahun teraman sepanjang sejarah penerbangan, tahun 2017 juga menjadi tahun tersibuk untuk penerbangan komersil. Hampir 3,7 miliar orang terbang pada 2016, menurut Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO), dengan angka meningkat terus-menerus dari tahun ke tahun selama dekade terakhir.

Seperti dilansir cnn.com, Rabu (3/1/2018), ada sejumlah faktor yang berkontribusi terhadap keberhasilan ini, termasuk pengembangan teknologi baru dan pesawat baru, dan perubahan pada pelatihan awak pesawat dan peraturan global.

Tapi maskapai penerbangan mana saja yang paling baik diantara yang baik?

Situs analisis penerbangan yang berbasis di Australia, AirlineRatings.com baru saja merilis daftar tahunan maskapai teraman di dunia.

Dari 409 maskapai penerbangan yang dipantau, 20 menonjol sebagai "yang terbaik dari yang terbaik," kata editor utama AirlineRatings.com, Geoffrey Thomas.

Ke-20 maskapai penerbangan dari seluruh Asia, Eropa dan Amerika Serikat, katanya, "selalu berada di garis depan dalam inovasi keselamatan, keunggulan operasional dan peluncuran pesawat baru yang lebih maju."

Hotel Paling Romantis. Berapa Sih Tarifnya!! Hemat 25% untuk Setiap Hotel Tempat Anda Menginap & Baca Ulasannya
Cari Tahu Tarif Hotel Terkini di Medan
Cari Tahu Tarif Hotel Terkini di Palembang

Dari tahun 2014 sampai 2017, AirlineRatings.com menamai maskapai penerbangan Australia Qantas sebagai maskapai teraman di dunia, dan sekali lagi AirlineRatings.com memberikan pujian hal itu karena "maskapai penerbangan utama di hampir setiap kemajuan keselamatan operasional utama selama 60 tahun terakhir" tanpa satu kematian pun di era jet.

"Tapi Qantas tidak sendiri," kata Thomas. "Maskapai yang sudah mapan seperti Hawaiian dan Finnair memiliki catatan sempurna di era jet."

Tahun ini, AirlineRatings.com telah membuat daftar 20 perusahaan penerbangan teratas dengan pijakan yang sama. Mereka dalam urutan abjad adalah:

1. Air New Zealand
2. Alaska Airlines
3. All Nippon Airways
4. British Airways
5. Cathay Pacific Airways
6. Emirates
7. Etihad Airways
8. EVA Air
9. Finnair
10. Hawaiian Airlines
11. Japan Airlines
12. KLM
13. Lufthansa
14. Qantas
15. Royal Jordanian Airlines
16. Scandinavian Airline System
17. Singapore Airlines
18. Swiss
19. Virgin Atlantic
20. Virgin Australia


Yang jelas absen dari daftar 2018 adalah maskapai penerbangan AS, Delta dan United. Pada bulan April 2017, Delta yang selama bertahun-tahun termasuk dalam penerbangan dengan layanan yang dapat dipercaya telah dihapuskan akibat kekacauan lima hari di mana lebih dari 3.200 penerbangan dibatalkan terkait badai.

Pada bulan yang sama, reputasi United Airlines mengalami pukulan serius saat sebuah video mengalami virus dari seorang penumpang yang diseret dari penerbangan yang padat.

Entri baru dalam daftar tahun ini adalah Emirat Dubai dan Hainan Airlines dari China. (jo-4)



Diberdayakan oleh Blogger.