Tim dokter Angkatan Darat membantu pengobatan gratis di Papua Bagian Selatan.
JAKARTA, JO- Tim dokter Angkatan Darat (AD) membantu melayani pengobatan gratis masyarakat di pedalaman Papua bagian selatan. Para Dokter yang tergabung dalam Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 ini didukung oleh Tim Kesehatan dari Pusat Kesehatan Angkatan Darat.

Tiga orang dokter dari Kopassus dua diantaranya dari Korps Wanita Angkatan Darat, Letda Ckm (K) dr Prima Hafizh Yanuariski, Letda Ckm (K) dr Ervina Asri Wahyuningtias dan Letda Ckm dr Patria Pradana. Letda Ckm dr Bramantyo Nugraha Putra (Dokter Yonif 753/AVT Kodam XVII/Cenderawasih) dan Letda Ckm dr Badzli Achmad (Dokter Yonif Raider 613/Rja Kodam VI/Mulawarman).

Tim Kesehatan ini di tempatkan di dua Korwil yaitu Korwil Merauke dengan wilayah Subkorwil-1/Asmat di Kabupaten Asmat, Subkorwil-2/Mappi di Kabupaten Mappi, subkorwil-3/Merauke di Kabupaten Merauke dan Korwil Boven Digoel dengan wilayah subkorwil-4/Mindiptana di Kabupaten Boven Digoel dan subkorwil-5/Tanah merah di Kabupaten Boven Digoel.

Selain melayani pasien, Tim Dokter Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 memberikan pengetahuan dan pelajaran kepada anak-anak di wilayah setempat dengan memberikan pengetahuan tentang kesehatan melalui penyuluhan serta siap memberikan pelayanan dokter 24 jam di Poskotis.

Hotel Paling Romantis. Berapa Sih Tarifnya!! Hemat 25% untuk Setiap Hotel Tempat Anda Menginap & Baca Ulasannya
Cari Tahu Tarif Hotel Terkini di Medan
Cari Tahu Tarif Hotel Terkini di Palembang

Selain pengobatan massal gratis, tim kesehatan yang tergabung dalam tim pengabdian masyarakat Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan ini juga melaksanakan Khitan Massal, penyuluhan kesehatan, Bahaya merokok dan Narkoba, serta penyuluhan tentang penyebaran Virus HIV yang dilakukan diberbagai Distrik, Kampung yang harus ditempuh dengan melewati sungai, rawa dan jalan berlumpur.

Melewati wilayah rawa, sungai dan jalan berlumpur menjadi keseharian Tim Pengabdian Masyarakat untuk menuju lokasi pengobatan massal yang ditempuh dengan waktu berjam jam, diiringi cuaca yang tidak menentu, hujan lebat, tebu rawa dan pasangnya air sungai menjadi penentu lamanya waktu tempuh dalam perjalanan.

Kegiatan pengabdian Masyarakat ini sebagai wujud kepedulian mengatasi kesulitan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan terutama di daerah pedalaman Papua Selatan. Ekspedisi NKRI merupakan wujud sinergitas kementerian/lembaga, TNI/Polri, pemerintah daerah, kalangan pendidik dari perguruan tinggi, mahasiswa, para pencinta alam, organisasi kepemudaan, pramuka dan didukung masyarakat setempat untuk membangun Indonesia

Tema yang diusung dalam Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 ini adalah ”Peduli Masyarakat dan Lestarikan Alam”. (jo-17)


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.