Wadan Lantamal III Jakarta Buka Latihan Yustisial Anggota Satkamla

Pembukaan Latihan Yustisial TA 2017.
JAKARTA, JO- Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Wadan Lantamal) III Jakarta Kolonel Laut (P) Jaya Darmawan mewakili Komandan Lantamal (Danlantamal) III Laksamana Pertama (Laksma) TNI Muchammad Richad, SH, MM membuka resmi pelaksanaan Latihan Yustisial TA 2017 bagi anggota Satuan Keamanan Laut (Satkamla) Lantamal III di gedung Satkamla, Komplek Satuan Koarmabar I Pondok Dayung, Jakarta Utara, Kamis (18/5/2017).

Danlantamal III Jakarta dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wadan Lantamal III mengatakan bahwa TNI Angkatan Laut sebagai salah satu institusi penegak hukum di laut senantiasa meningkatkan kualitas personel penyidiknya dalam rangka menghadapi proses hukum yang terjadi di perairan Yurisdiksi Nasional Indonesia.

Salah satu upaya tersebut adalah dilaksanakannya Latihan Yustisial terhadap tindak pidana tertentu di laut yang diselenggarakan Lantamal III dengan personel dari satuan pelaksana operasi yaitu Pos Pengamat TNI Angkatan Laut (Posmat) dan Pos Angkatan Laut (Posal) di bawah jajaran Satkamla Lantamal III.




Menurut Danlantamal III, pengawak Posmat dan Posal selain dibekali dengan pengetahuan tentang ketentuan peraturan perundang-undangan sebagai dasar dalam penegakan hukum di laut, juga harus dibekali dengan pengetahuan teknis operasional penyelidikan sesuai hukum yang berlaku.

Adapun sasaran kegiatan pembekalan Opskamla ini, pertama agar para peserta mampu untuk memahami organisasi dan proses penyelenggara operasi keamanan laut. Kedua, memahami rezim laut, hukum yang berlaku sesuai dengan Hukum Nasional Indonesia dan Hukum Laut Internasional. Ketiga, mampu melaksanakan penghentian, pemeriksaan dan penyidikan awal berdasarkan arahan penyidik dan keempat, memahami proses penyidikan.

Dalam latihan yang diikuti oleh 50 orang Perwira, Bintara dan Tamtama Jajaran Satkamla Lantamal III diberikan materi latihan meliputi Tindak Pidana Perikanan, Tindak Pidana Pelayaran, Protap Keamanan laut dan Tanya Jawab oleh Perwira Staf Dinas Hukum (Diskum) Lantamal III, serta diakhiri dengan pembulatan seluruh materi yang disampaikan oleh Kadiskum Lantamal III Letkol Laut (KH) Ali Ridlo, SH, MM. (jo-17)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.