Facebook Gunakan Fact-Checker Ini untuk Melawan "Berita Palsu" - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion
Facebook.
JAKARTA, JO- Sebagai bagian dari inisiatif baru melawan berita palsu, Facebook, Jumat (16/12) menyatakan akan bekerja sama dengan pengecekan fakta (fact-check) pihak ketiga yang akan mengingatkan pengguna jika kisah yang mereka baca atau bagikan adalah "bermasalah".

Lima pengecek fakta dan organisasi berita yang bekerja dengan Facebook adalah:ABC News, The Associated Press, FactCheck.org, Politifact dan Snopes. Facebook menyebut kelompok ini kemungkinan akan bertambah.

Jaringan sosial akan membuat lebih mudah bagi pengguna untuk melaporkan berita-berita palsu ketika mereka menemukannya, dengan melakukan dua langkah, bukan tiga. Jika cukup banyak pihak yang melaporkan sebuah berita palsu, Facebook akan menyebarkannya ke organisasi pengecek fakta yang merupakan bagian dari Institut Poynter International Fact-Checking Network.




Informasi yang diketahui tidak sesuai fakta tidak akan dihapus namun akan ditandai sebagai "dispute", yang akan mendorong memaksa berita itu terdepak dari news feed. Pengguna dapat mengklik pada link untuk mempelajari ada apa dengan berita itu.

Jika ada orang yang memutuskan untuk membagikan berita itu kepada sahabatnya, mereka boleh saja melakukan itu, tapi mereka juga akan mendapat peringatan lainnya.

"Kami percaya bahwa kami memiliki kewajiban untuk memerangi penyebaran berita palsu," kata John Hegeman, wakil presiden manajemen produk news feed Facebook dalam sebuah wawancara.

Namun dia juga menambahkan bahwa Facebook akan mengambil perannya untuk memberikan orang sebuah platform yang terbuka, untuk menegaskan bahwa perusahaan ini bukanlah pihak yang memutuskan apa yang benar atau salah. (jo-4)


Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya




Diberdayakan oleh Blogger.