Pemprov DKI Anggarkan Rp1,5 Miliar untuk Pembiayaan BPJS Pemulung di Bantar Gebang - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion
Pemulung Bantar Gebang (Ilustrasi)
JAKARTA, JO- Sebanyak 6.000 orang pemulung yang ada di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi akan memperoleh layanan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Pihak Pemprov DKI mengucurkan angaran Rp1,5 miliar untuk menanggung fasilitas jaminan sosial itu, dan akan dimulai November 2016 ini.

"Kami mengalokasikan anggaran sebesar hampir Rp 1,5 miliar untuk pembiayaan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan bagi 6.000 pemulung di TPST Bantar Gebang," kata Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Isnawa Adji, di Jakarta, Selasa (29/11).

Menurut Isnawa Adji, fasilitas ini diberikan secara gratis kepada pemulung yang ada di TPST Bantar Gebang. Anggaran sebesar Rp 1,5 miliar itu sudah ada dalam APBD Perubahan.

Sementara Kepala Unit Pengelola Sampah Terpadu (UPST) Dinas Kebersihan Provinsi DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengaku telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pengelola BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.




Pemberian BPJS ini diharapkan dapat memeberikan perlindungan kesehatan dan keselamatan kerja bagi pemulung yang bekerja di areal TPST Bantar Gebang. "Kami berharap agar pemulung tersebut dapat secara aktif mendaftarkan dirinya kepada pengelola BPJS untuk didaftarkan ke dalam keanggotaan BPJS," ujarnya.

Pemberian BPJS kepada pemulung karena para pengais sampah merupakan bagian dari TPST Banter Gebang. Pemulung juga membantu pengelolaan di mana mereka mengumpulkan dan memilah sampah yang dapat didaur ulang.

"Sampah yang dapat didaurulang dan memiliki nilai ekonomis tidak semua ditimbun ke dalam landfill, tapi sebagian diambil pemulung," sambungnya. (jo-3)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya




Diberdayakan oleh Blogger.