Tim SAR Lantamal XII Evakuasi KM Muara Jaya yang Terbalik

Tim SAR Lantamal XII saat melakukan evakuasi.
PONTIANAK, JO-Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) M Hari memerintahkan tim SAR Lantamal XII bergerak membantu evakuasi kecelakaan Laut KM Muara Jaya di Perairan Muara Jungkat, Jumat (18/3).

Wadan Lantamal XII Kolonel Marinir Andi Rukman memimpin langsung tim SAR mengevakuasi KM Muara jaya dengan didampingi Asops Danlantamal XII, Aspers Danlantamal XII, Dansatkamla.

Lantamal XII mengerahkan unsur-unsur antara lain, KAL Sambas, Swam Boat, Sea Raider, Sekoci serta speed boat dengan personil medis, penyelam, Satkamla serta personil Lantamal XII.

Adapun kronologis kejadian kecelakaan laut, telah terjadi KM Muara Jaya GT 23 telah terbalik di perairan muara jungkat pontianak, berangkat dr Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Nipah Kuning Pontianak menuju ke laut, tiba-tiba KM Muara Jaya di perairan Muara Jungkat dengan Posisi 0.02.916 N 109.12.718 E mengalami ketidakseimbangan dan posisi kapal miring ke kearah Kanan sehingga mengakibatkan kapal terbalik.

Selanjutnya, KM Muara Jaya sempat mendapatkan pertolongan dr Tag boat (TB) Samudra Sindo 11 yang berada dekat lokasi KM. Muara Jaya, melaksanakan
pertolongan dengan memberikan tali dan menarik untuk membuka haluan dengan tujuan menyelamatkan ABK KM Muara Jaya, kondisi arus sungai sangat kencang mengakibatkan KM. Muara Jaya tidak bias diselamatkan dengan perkiraan tiang kapal sudah menacap ke dasar Sungai Kapuas.

KM Muara Jaya dinahkodai Tikno, jumlah ABK 13 orang, yang dapat diselamatkan 12 ABK, tinggal satu orang atas nama Wawan alias soleh di
dalam kapal yang belum bisa diselamatkan atas nama Sholeh,21.

Tim SAR gabungan yang terdiri dari Tim Sar Lantamal XII, Polair Polda Kalimantan Barat dan KPLP Pontianak, Basarnas Kota Pontianak sampai siang kemarin masih berusaha melaksanakan evakuasi korban dan melakukan pencarian ABK yang hilang atas nama Wawan alias Soleh. (jo-17)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.