Buku Tabungan Mirip Menteri Ignan Jonan, Pratikno, Ris Sumarno, Aria Bima

Ilustrasi
JAKARTA, JO - Polisi menangkap tiga tersangka penipu yang mengatasnamakan menteri. Mereka bernisial IA,45; S,50; dan D,34.

Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Krishna Murti menjelaskan modus operandi para tersangka. Mereka menghubungi orang-orang yang akan pensiun dan mengincar jabatan.

"Mencari biodata pejabat era kabinet bersatu jilid dua dan menghubungi calon korban untuk di tawarkan menjadi komisaris BUMN," kata Krishna, Selasa (8/3) kemarin.

Nama menteri yang dicatut ialah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan Menteri BUMN Rini Soemarno.

Tersangka punya peran masing-masing saat beraksi. IA yang merupakan otak penipuan berperan memberikan tugas kepada dua rekannya agar menyiapkan KTP palsu atas nama pejabat dan membuat rekening untuk menampung uang kiriman korban.

Selanjutnya, Kanit II Subdit 4 Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Jerry Siagian mengatakan polisi menangkap IA di daerah Pulo Gadung. Sedangkan S ditangkap di Jakarta Utara dan D ditangkap di Bekasi Timur.

"Tersangka S berperan mengambil uang di ATM, sedangkan D berperan membuat rekening penampungan hasil kejahatan dengan menggunakan ID palsu," ujar Kompol Jerry Siagian.

Dari tangan tersangka, polisi menyita barang bukti berupa 12 unit telepon genggam, dua buku agenda yang berisi alamat para pengusaha dan perusahaan, beberapa sim card yang sebelumnya dibuang ke septic tank, dan satu buku daftar nomor handphone pejabat.

Buku tabungan yang mereka buat namanya mirip-mirip para menteri, seperti buku tabungan Bank Jawa Barat atas nama Ris Sumarno (mirip nama menteri BUMN Rini Soemarno), Pratikno (mirip nama Menteri Pratikno), Ignan Jonan (mirip nama Menteri Perhubungan Ignasius Jonan).

Polisi juga menyita sembilan ATM Bank Jabar, tiga ATM Bank Artha Graha, dan empat ATM palsu atas nama Dera, Pratikno, Ris Sumarno, dan Aria Bima.

Ketiga tersangka dijerat pasal 372 KUHP tentang Pengelapan. (jo-

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.