Ilustrasi
JAKARTA, JO – Subdit Cybercrime Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya berhasil mengamankan tiga Pegawai Negeri Sipil (PNS), karena memalsukan dokumen berupa rekomendasi paspor yang dikeluarkan oleh Konsuler Kementerian Luar Negeri RI

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol Mujiono mengungkapkan ketiga PNS itu masing-masing berinisial N,54; EP,36; dan AS ,45. Diketahui, N adalah PNS di Kementerian Pertanian RI, EP menjadi PNS di Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementrian ESDM; dan AS adalah PNS di Kementrian Perindustrian RI.

“Pelaku menerima permintaan dari S (DPO) merupakan kenalan dari pelaku N. S meminta membuatkan paspor dinas atas nama MW dan HY,” kata Kombes Mujiono di Jakarta, Jumat (8/1).

Mujiono menambahkan, N menyetujui, dia langsung meminta bantuan AS untuk membuat paspor dinas atas nama tersebut.

“Pelaku memalsukan semua dokumen dan syarat-syarat pengajuan untuk paspor dinas. Mulai dari KTP, Kartu Pegawai Negeri dari badan kepegawaian negara, Surat undangan dari Negara yang ditujuh, Surat permohonan paspor dinas dari Sekretaris Negara dan exit permit,” ujarnya.

Mujiono melanjutkan setelah paspor dinas terbit, N menyuruh EP untuk membuat visa Amerika Serikat. EP juga melakukan hal yang sama dengan membuat dokumen palsu untuk pengajuan visa.

“Dari keterangan N, dia telah memberikan uang sebanyak Rp 6 Juta kepada AS untuk pengurusan paspor dinas dan memberikan Rp 5 Juta kepada EP untuk pengurusan visa Amerika Serikat,” jelasnya.

Polisi berhasil menyita barang bukti berupa paspor dinas atas nama MW dan HY, foto kopi KTP dan kartu pegawai palsu, exit permit palsu dan Nota Diplomatik.

Atas perbuatannya, ketiga pelaku dijerat dengan pasal 263 KUHP dan atau pasal 264 KUHP dan atau pasal 266 KUHP tentang pemalsuan surat atau akta dan menyuruh menempatkan keterangan palsu ke dalam akta authentik atau tindak pidana bidang keimigrasian dengan ancaman hukuman diatas lima tahun penjara. (amin)


Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.