Maroef Sjamsuddin
JAKARTA, JO- Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin bersaksi dalam persidangan di Mahkamah Kehormatan Dewan di Kompleks Parlemen, Kamis (3/12).

Selain mengaku baru mengenal sosok pengusaha Riza Chalid, Maroef juga membeberkan dirinya bukan melakukan penyadapan tapi merekam pembicaraan, dan alat perekam itu tidak disembunyikan.

"Saya merekam. Kalau kita biasanya mencatat tertulis dengan alat, ini saya merekam dan tidak saya sembunyikan. HP itu berada di atas meja dan terlihat lawan bicara saya," kata Maroef menanggapi pertanyaan anggota MKD Darizal Basir dari Partai Demokrat.

Masih kata Maroef, pertemuan dengan Ketua DPR Setya Novanto terjadi sebanyak tiga kali. Pertemuan pertama terjadi pada April 2015 di Kompleks Parlemen. Pertemuan kedua terjadi 13 Mei 2015 di Hotel Ritz Carlton. Pada 8 Juni 2015, pertemuan kembali dilakukan di hotel yang sama, tepatnya di lantai 21.

Pertemuan itu berlangsung di sebuah meeting room. Di dalamnya terdapat meja besar yang dapat menampung 12 orang.

Menurut Maroef, dirinya baru mengenal sosok Riza Chalid setelah diperkenalkan Setya Novanto. Hal itu terjadi setelah pertemuan pertama di kompleks parkemen, Novanto meminta agar dapat dijadwalkan pertemuan ulang.

"'Pak Maroef kapan-kapan kita ketemu lagi ya. Kita ngopi-ngopi. Dan saya kenalkan dengan kawan saya.' Saya enggak tahu dan enggak tanya siapa kawan itu," kata Maroef menirukan Novanto.

Sekitar Mei 2015, Novanto mengirimkan pesan singkat kepada Maroef. "Bisa saya call?" demikian isi pesan singkat itu.

Namun, Maroef kemudian berinisiatif untuk menelepon Novanto langsung. Melalui sambungan telepon, Novanto kembali mengajak bertemu. Ajakan itu dipenuhi.

Saat tiba di Ritz Carlton, Riza ternyata sudah berada di dalam bersama Novanto.

"Ternyata di dalam sudah ada orang lain bersama Ketua DPR. Dan saya baru ketemu, 'Ini kawan saya, Pak Riza Chalid'," kata Maroef menirukan Novanto saat memperkenalkan Riza Chalid. (jo-2)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.