Polda Metro Jaya Mengelar Simulasi Pengamanan Pilkada

Simulasi pengamanan pilkada, hari ini. (foto: amin)
JAKARTA, JO - Polda Metro Jaya, Senin (3/8), menggelar simulai pengamanan Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) di Lapangan Sabhara Polda Metro Jaya, Jakarta. Dalam simulasi pengamanan pilkada ini, sebanyak 515 personel diturunkan,gabungan dari Polsek, Polres dan Polda Metro Jaya.

"Pilkada serentak akan dilaksanakan pada 9 Desember 2015. Simulai ini digelar untuk kesiapan, sekaligus latihan anggota yang dilibatkan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Mohammad Iqbal, di Jakarta, Senin (3/8).

Simulasi melibatkan ratusan personel dari Direktorat Sabhara dan Satuan Brimob Polda Metro Jaya, Direktorat Intelkam dan Direktorat Reserse. Dalam simulasi ini, anggota mempraktekkan adegan untuk mengamankan pilkada mulai dari proses awal hingga akhir, pengumuman perolehan suara dan penetapan KPUD.

Ada enam tahap pengamanan simulasi pengamanan pilkada, salah satunya pengamanan berkuda. Kuda yang dipakai untuk pengamanan Pilkada adalah jenis thoroughbred yang di impor dari Belanda. Jenis kuda berusia 6 sampai 20 tahun , karena berbadan besar dan berisi.

"Ini ada simulasi antar kotak suara pakai kuda. Karena kalau enggak bisa dimasukan pakai sepeda motor, otomatis pakai kuda," kata Direktur Sabhara Polda Metro Jaya Komisaris Besar Ahmad Subarkah.

AKBP Nurdin Kasub Detasemen Turangga Baharkam Polri mengatakan saat pilkada kuda-kuda ini akan melakukan berbagai macam tugas, seperti mengantar kotak suara dan pengamanan Pilkada.

Pada simulasi juga diperagakan bagaimana cara menanggulangi ancaman teror bom dan amuk masa. Simulasi juga dilakukan agar personel yang dilibatkan paham plotingannya masing-masing, saat pelaksanaannya pilkada.

Dengan adanya simulasi ini, diharapkan anggota yang bertugas di lapangan untuk pengamanan pilkada dapat memahami dan mengimplementasikan pola pengamanan. Hingga cara bertindak serta langkah-langkah yang harus diambil dari setiap fase kerawanan. (amin)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.