Ilustrasi
JAKARTA, JO- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali menggelar Hackathon Jakarta (#Hackjak), dan diharapkan diikuti 430 peserta dengan target jumlah aplikasi yang dihasilkan mencapai 100 aplikasi, 180 data terbuka, dan 50 infografis dalam jangka waktu tujuh hari.

Rencananya #Hackjak sendiri akan dibuka pada 30 Juni mendatang oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Menurut Kepala Sub Bidang Statistik Data dan Informasi Pembangunan Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Sonti Pangaribuan di Jakarta, Senin (29/6) kompetisi tahun ini merupakan penyegaran konsep dari tahun sebelumnya.

Jika tahun lalu hanya menyelenggarakan kompetisi untuk membuat dan mengembangkan aplikasi, maka tahun ini dibuat tiga jenis kompetisi yakni Hackathon, Scrapathon, dan Visualthon.

Hackathon merupakan kompetisi penciptaan aplikasi umum dan game secara bersama dalam periode waktu tertentu mendayagunakan portal open data dan sumber resmi lainnya.

Scrapthon adalah kompetisi scrapping data yang dimiliki oleh Pemprov DKI secara bersama dalam periode tertentu menjadi open format data yang layak digunakan secara terbuka dan berulang.

Visualthon adalah kompetisi infografis ramah baca bagi masyarakat tentang layanan Pemprov DKI yang berasal dari portal open data DKI dilakukan secara bersama-sama dalam periode tertentu.

Sementara Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Smart City DKI Jakarta Setiaji mengatakan, kompetisi ini merupakan sarana untuk melibatkan warga Jakarta dalam membangun kota yang cerdas dan ramah teknologi. (jo-3)

Visiting London? Find Deals, Compare Rates, and Read Hotel Reviews on TripAdvisor Visiting Las Vegas? Find the Best Deals & Reviews at TripAdvisor. 60+ Million Users Trust TripAdvisor With Their Travel Plans. Shouldn't You?

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.