Kasudin KUMKMP Jakut Dra Rosita Tambunan saat memberi sambutan.
JAKARTA,JO-Koperasi Karyawan Air Timur Jakarta (Aetra ATJ) menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) IX tahun buku 2014 bertempat di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara (Jakut), Selasa (13/5).

Degan tema "Kerja cerdas dan usaha bersama sejahterakan anggota", RAT ini dihadiri Kasudin Koperasi UMKMP Jakut Dra Rosita Tambunan, Kepala Seksi Koperasi UMKMP Jakarta Timur Pandji Admodjo,para undangan para tokoh masyarakat dan peserta dari wakil wakil anggota, pengurus, pengawas dan dewan penasehat Kopkar Aetra ATJ.

Dalam sambutannya mewakili derektur utama, Direktur Bisnis Indrawan berharap Aetra ATJ bisa mengajak seluruh anggota koperasi dan jajaran pengurusnya untuk saling bekerja sama membangun dan lebih memajukan lagi keberadaan Kopkar Aetra.

"Tidak terasa tahun 2015 ini Kopkar Aetra ATJ telah memasuki usia 11 tahun. Koperasi ini berdiri sejak 2003. Kita berharap jajaran pengurus saling kerja sama untuk memajukan Kopkar Aetra," katanya.

Dikatakan, kerja sama yang kuat dibutuhkan dalam pengelolaan dan pengawasan yang profesional sehingga permodalan koperasi ini bisa semakin besar.

"Jadi memang benar benar perencanaan dan pengelolaan serta pengawasan yang profesionalsehingga perkembangan koperasi ini pertumbuhannya semakin bagus, permodalannya semakin kokoh," ujarnya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan program kerja dan rencana anggaran pendapatan dan belanja (RAPB) Kopkar ATJ tahun buku 2014 didukung seluruh anggota, karyawan, perusahaan, instansi terkait serta masyarakat sekitar.

Suasana RAT di Ancol.
Kasudin Koperasi UMKMP Jakarta Utara Dra Rosita Tambunan sebagai pembina Kopkar Aetra mengatakan dalam membina koperasi Kopkar Aetra tentu ada hukumnya.

Supaya Kopkar ini kedepanmya bisa semakin besar lagi diperlukan peran aktif dan sama-sama mengawasi di dalam maupun di luar untuk melakukan pengawasan melakukan RAT untuk menguatkannya.

"Pada dasarnya pengurus koperasi lemah dalam pengawasan. Kalau koperasi ini terseok seok dapat disampaikam sedini mungkin," imbuhnya.

Rosita berharap Kopkar ATJ mampu menjadi lebih profesional untuk melayani dan menjalankan amanat anggota. "Mudah mudahan acara RAT yang dilaksanakan saat ini bisa lebih baik lagi," harapnya.

Pandji Admodjo, Kepala Seksi Koperasi UMKMP yang mewakili Kasudin Koperasi UMKMP Jakarta Timur menambahkan, sejak dibentuknya Kopkar Aetra ATJ ini sejak tahun 2003 hingga akhir desember 2014 jumlah anggota mencapai 1.377 orang.

Sementara unit simpan pinjam Kopkar ATJ sudah dapat memberikan pinjaman menggunakan dana sendiri sebesar Rp 6 juta tahun 2014 kepada 663 anggota dan sudah terealisasi sebanyak 568 anggota.

Sedangkan dalam penambahan dana pinjaman kepada anggota dengan fasilitas bank koperasi telah bekerjasama dengan pihak Bank Syariah dan Bank Danamon Syariah.

Selain itu juga Kopkar ATJ merupakan pengelolaan jasa borongan pekerjaan ,unit usaha investasi PT TTJ bahwa koperasi telah mendapatkan deviden mulai tahun 2009 - 2011 sebesar Rp 369 juta lebih, dan juga bisa menyiapkan pelayanan kesejahteraan anggota bidang sosial pendidikan.

Dikatakannya, pertumbuhan Kopkar ATJ ini sangat bagus yang dapat dilihat mulai dari pinjaman bersih yang di berikan mencapai puluhan miliar lebih berikut aset milik koperasi telah mencapai puluhan miliar.

Karena itu perkembangan koperasi tidak terlepas dari anggota dan kemudahan dukungan managemen koperasi.

"Menurut saya jika koperasi itu sudah mulai diaudit berarti koperasi itu sudah besar dan pengelolaannya harus yang profesional," katanya. (jo-6)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.