Panglima TNI Tanam Pohon Kemiri di Perbatasan Kalbar

Panglima TNI di Desa Teluk Bakung, Kubu Raya, Kalbar.
JAKARTA, JO- Panglima TNI Jenderal TNI Dr Moeldoko melakukan penanaman pohon Kemiri Sunan di Desa Teluk Bakung, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Pontianak, di wilayah perbatasan Kalimantan Barat (Kalbar), Sabtu (7/3).

Acara yang bertemakan “Membangkitkan Motivasi dan Budaya Menanam Pohon Kemiri Sunan Dalam Rangka Membangun Ekosistem Hutan yang Mantap Guna Mengurangi Dampak Pemanasan Global serta Sebagai Sumber Energi Terbarukan”, dihadiri pula oleh 40 perwakilan negara sahabat penghasil minyak dan pemerhati lingkungan dimana masing-masing dari mereka menaman satu pohon Kemiri Sunan.

Menurut PanglimaTNI, TNI sangat fokus terhadap lingkungan hidup dan krisis yang akan terjadi antara lainkrisis energi, air dan lingkungan yang dampaknya sangat buruk terhadap NKRI, apabila hal itu tidak ditangani secara benar.

Untuk itu, kata Jenderal TNI Moeldoko, TNI bersama Kementerian Kehutanandan Pemerintah Daerah Kalimantan Barat serta Asia Pasific R-20 bekerjasamadalam penanaman pohon Kemiri Sunan (KS 100 Bio Fuel), dalam rangka membangun ekosistem hutan dan mengurangi dampak pemanasan global, serta untuk membangun semangat menanam bukan menebang kepada masyarakat luas.

Selain itu juga dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat sekitarnya dan menciptakan ketahanan energi bagi bangsa Indonesia. “Disisi lain penanaman pohon ini juga mempunyai nilai strategis untuk TNI, karena hutan pohon Kemiri Sunan dapat sebagai tameng atau perlindungan terhadap prajurit apabila diserang musuh.

Selain berguna untuk ketahanan pangan, hasil pengolahan buah kemiri ini mampu menjadi bahan bio diesel yang nantinya mampu digunakan warga sekitar dan pasukan TNI di wilayah perbatasan,” tutur Panglima TNI.

Hal senada juga di ungkapkan Special Envoy of President Seychelles for ASEAN Mr Nico Barito yang merupakan DirekturAsia-Pasifik R-20, bahwa Kemiri Sunan merupakan tanaman yang berasal dari Filipina yang memiliki ketahanan hidup sampai dengan 75 tahun dan diumur 5 tahun sudah mulai produktif serta cukup baik pada berbagai kondisi lahan yang bijinya dapat menghasilkan minyak sebagai bahan baku bio diesel sangat cocok dibudidayakan di wilayah tropis Indonesia.

Penanaman pohon Kemiri Sunan (KS) di Desa Teluk Bakung, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya di area seluas 5.000 hektar sebagai upaya penyediaan dan pemanfaatan energi terbarukan serta pencegahan pemanasan global dan sebagai tahap awal, menanam 12.300 batang bibit KS, 200 bibit grafiting KS , dan 25 kilogram benih KS.

Turut hadir dalamacara tersebut, antara lain: Gubernur Kalbar Drs Cornelius, Asrenum Panglima TNI Mayjen TNI Sumedy, Aslog PanglimaTNI Marsda TNI Karibiyama, Aster Panglima TNI Mayjen TNI Ngakan Gede Sugiartha,Askomlek Panglima TNI Marsda TNI B Agus Margono, Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Toto R Soedjiman dan Kapuspen TNI Mayjen TNI M Fuad Basya. (jo-17)

Mengunjungi London? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Wisata ke New York? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Jalan-jalan ke Las Vegas? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.