Pangkosekhanudnas I jajal Rafale buatan Perancis.
JAKARTA, JO- Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Pangkosekhanudnas) I Marsekal Pertama TNI Fahru Zaini Isnanto, SH, MDS berkesempatan menjajal kebolehan pesawat tempur buatan Perancis, Rafale di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur (Jaktim), Rabu (25/3).

Panglima secara khusus mencoba pesawat tempur Rafale ini untuk merasakan langsung keunggulan yang dimiliki pesawat ini bersama test pilot Dassault, Sebastien Dupont.

Selama kurang lebih 1 jam mengudara dan bermanuver di selatan Jawa Barat, pesawat tempur Rafale milik Angkatan Udara Perancis kembali ke Lanud Halim Perdanakusuma. Panglima yang ikut penerbangannya sempat memuji kebolehan yang dimiliki Rafale.

"Rafale tergolong pesawat generasi 4,5 yang andal. Bagus dan lincah dalam manuver-manuver udaranya," ujar Panglima usai terbang bersama Rafale.

Seperti diberitakan, pesawat tempur produksi Dassault Aviation tersebut ingin membidik TNI AU sebagai penggunanya dengan unjuk kebolehan di hadapan pejabat TNI maupun pemerintah Indonesia.

Seperti yang direncanakan, Angkatan Udara Perancis yang membawa dua  Rafale akan melakukan serangkaian demo statik dan dinamik dengan mengajak pilot TNI AU terbang merasakan keandalan Rafale.

Rencananya pesawat tempur Rafale akan berada di Jakarta sampai hari Kamis, 26 Maret 2015. Dassault Rafale merupakan pesawat asli Perancis yang masuk dalam kandidat pengganti armada F-5 Tiger yang mulai dipensiunkan.

Rafale merupakan pesawat yang unik, memiliki sayap berbentuk segitiga (delta wing) dan bersayap kecil (canard) di depannya. (jo-17)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.