Ilustrasi
JAKARTA, JO- Sebanyak 30 sekolah di DKI Jakarta siap menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) secara online. Sekolah ini memiliki komputer dan jaringan internet yang memadai.

ke-30 sekolah yang siap melaksanakan UN online itu terdiri dari satu SMP, tiga SMA, dan 26 SMK.

Dalam UN online ini, peserta ujian diberi waktu selama 190 menit, dan telah dilakukan uji coba atau latihan sebelumnya. Tim evaluasi dan pengawas akan dikerahkan dari Kemendikbud untuk mengawasi jalannya ujian.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Arie Budhiman di Jakarta, hari ini, ujian model online ini lebih simpel karena tinggal klik. Berbeda dengan pakai kertas yang terkadang habis waktu untuk melingkari dan risiko kertas sobek, atau tidak terbaca oleh komputer.

Arie menyebut, dari sekolah yang mengadakan pelatihan selama ini, sebenarnya hanya satu sekolah yang benar-benar memenuhi standar kelayakan dari Kemendikbud, yakni SMPK Penabur 2 Jakarta Utara.

"Sedang sekolah lainnya masih dalam tahap persiapan dan penyempurnaan. Sekolah yang belum memenuhi standar tetap menggunakan sistem manual dengan kertas," sambungnya. (jo-3)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.