Empat Jenderal Bintang 3 Ini Layak Duduki Jabatan Irwasum Polri

Mabes Polri
JAKARTA,JO- Empat nama yang memiliki pangkat jenderal bintang 3 (Komjen) ini dinilai layak menduduki jabatan Irwasum Polri, dan petinggi Polri tidak perlu memaksakan diri untuk memaksakan jenderal bintang 2 untuk posisi itu.

Keempatnya adalah Kalemdikpol Komjen Budi Gunawan (Akpol 83), Kabaharkam Komjen Putut Bayuseno (84), Kabareskrim Komjem Suhardi Alius (85), dan Kepala BNN Komjen Anang Iskandar (82),

Menurut Ketua Presidium Ind Police Watch (IPW) Neta S Pane dalam siaran persnya di Jakarta, hari ini, jika bintang 2 dipaksakan untuk menduduki posisi itu, maka sama saja dengan mendegradasi jabatan Irwasum.

Imbauan ini disampaikan Neta sehubungan akan pensiunnya Irwasum Komjen Anton Bahrul Alam pada Senin 1 September 2014.

Irwasum adalah jabatan yg sangat strategis sehingga diperlukan figur senior yang duduk di posisi tersebut. Jika dikaitkan dengan konsep Revolusi Mental presiden terpilih Jokowi, jabatan Irwasum Polri harus dipegang figur yang berkomitmen dan mampu membersihkan Polri dari aksi pungli, mafia jabatan, mafia proyek, dan aksi negatif lainnya.

"Hanya figur Komjen senior yang berintegritas yang bisa melakukan hal ini. Senioritasnya akan dihargai kawan seangkatan maupun para junior. Sebaliknya, jika figur bintang dua yang dipaksakan menduduki posisi Irwasum, dikhawatirkan akan dipandang sebelah mata, apalagi jika figur bintang dua itu belum menunjukkan prestasi konkrit dan baru beberapa bulan jadi kapolda," kata Neta.

Lebih jauh dikatakan, untuk menggulirkan reformasi Polri secara konsisten, institusi kepolisian perlu memperkuat posisi Irwasum, Propram, Asisten SDM, dan Asisten Sarana Prasarana.

"Irwasum jangan seperti lembaga antara ada dan tiada, melainkan dimaksimalkan fungsi kontrolnya. Jika posisinya didegradasi dan bintang dua dipaksakan menduduki posisi tersebut, dipastikan Irwasum hanya menjadi 'macan ompong'. Posisi Irwasum tak lebih hanya sebagai lembaga untuk mengatrol jenderal bintang 2 menjadi jenderal bintang 3," sambungnya. (jo-6)

Mengunjungi London? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Wisata ke New York? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Jalan-jalan ke Las Vegas? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.