Uji Coba ERP Hari Ini, 50 Kendaraan Roda Empat Dilibatkan

Gerbang ERP yang dibangun di jalur lambat Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. (metrotvnews.com)
JAKARTA, JO- Sistem jalan berbayar (Electronic Road Pricing-ERP) mulai diujicobakan di Jakarta, Selasa (15/7) hari ini. Sebanyak 50 kendaraan roda empat dilibatkan.

Uji coba ini dilakukan di jalur lambat Jalan Jenderal Sudirman dari arah Blok M menuju Kota pada pukul 15.00-16.00 WIB. Gerbang ERP telah berdiri di depan Menara Panin Bank.

Uji coba kali ini diharapkan bisa mengetahui alat pendeteksi gerbang ERP, serta alat yang dipasangkan di kendaraan berfungsi dengan baik atau tidak.

Gerbang itu dibangun oleh perusahaan asal Swedia yaitu PT Kapsch. Gerbang berukuran sekitar 14 meter untuk lebar dan 7 meter untuk tinggi itu dilengkapi oleh tiga mesin yang canggih.

Meski telah terpasang gerbang, di jalur lambat saat ini masih bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dan empat.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta M Akbar di Jakarta, hari ini, pelaksanaan uji coba ini untuk come in antar hardware dan software yang ada di gerbang ERP.

Sebanyak 50 kendaraan yang dipilih adalah milik internal perusahaan yang melakukan uji coba ERP asal Swedia, PT Kapsch. Setelah itu, baru kendaran mobil dinas milik Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Kemudian, baru para pengendara yang biasa melintasi wilayah Jalan Jenderal Sudirman, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Rencananya sepanjang jalur tersebut dan sebaliknya akan dipasang 40 gerbang. Sementara, untuk uji coba ERP Jalan Rasuna Said, Kuningan sampai Ragunan akan dilaksanakan pada bulan September 2014.

Akbar menambahkan, dalam uji coba kali ini belum dikenakan biaya. Rencananya tarif yang akan dikenakan kepada para pengendara roda empat yang akan melintasi kawasan itu diperkirakan mencapai Rp 30.000. Kendaraan pejabat Pemprov DKI Jakarta dan pemerintah pusat, juga akan dikenakan biaya saat melintas. (jo-3)

Jalan-jalan ke Las Vegas? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.