IPW Minta Polda Metro Maksimalkan Kinerja Intelijen Jelang 22 Juli

Ilustrasi
JAKARTA, JO- Indonesia Police Watch (IPW) meminta Polda Metro Jaya untuk memaksimalkan kinerja intelijen agar bisa melakukan deteksi dini situasi pada 22 Juli 2014, saat KPU mengumumkan hasil pilpres.

Sebab menjelang 22 Juli, keresahan muncul antara lain terlihat dari makin banyaknya pemesanan tiket pesawat ke luar negeri menjelang 22 Juli.

Ketua Presidium IPW Neta S Pane dalam siaran persnya di Jakarta, hari ini, mengatakan, keresahan masyarakat kian tinggi tatkala sejumlah pejabat pemerintah mengatakan akan tingginya konflik pasca Pilpres 2014.

Presiden SBY misalnya mengatakan, persaingan Pilpres 2014 sangat keras dan rawan terjadi konflik. Begitu juga Kepala BIN mengatakan, konflik bisa muncul karena ketidakpuasan kubu capres yang kalah terhadap hasil pilpres.

"Untuk menekan keresahan masyarakat ini jajaran Polda Metro Jaya perlu bekerja keras menjaga stabilitas kamtibmas," kata Neta S Pane.

IPW menilai Jakarta menjadi kota paling rawan pada 22 Juli. Untuk itu Neta S Pane menyebut ada 5 hal yang harus dilakukan Polda Metro Jaya agar situasi tetap terkendali. Pertama, menjelang 22 Juli, Polda harus meningkatkan patroli dan menempatkan personilnya secara signifikan di kawasan strategis dan rawan.

Kedua, Polda perlu melakukan simulasi terbuka untuk pengamanan kawasan vital agar masyarakat tahu bahwa polisi sudah melakukan pengamanan maksimal. Ketiga, Polda harus menghindari bertemunya pendukung kedua capres di satu lokasi.

Keempat, polisi harus menghindari terjadinya eskalasi massa dalam jumlah besar di KPU. Kelima, kawasan bisnis seperti di Glodok perlu pengamanan ekstra.

IPW juga memberi apresiasi serta ucapan terimakasih kepada TNI dan Polri yang sudah menjaga situasi kamtibmas yang sangat kondusif, baik di Pemilu maupun Pilpres 2014.

"Diharapkan soliditas TNI-Polri ini tetap terjaga saat menjelang maupun pasca 22 Juli. Sehingga Pilpres 2014 menjadi kegembiraan politik bagi senegap bangsa Indonesia," sambung Neta. (jo-6)

Jalan-jalan ke Las Vegas? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.