Apresiasi Lomba Olahan Hasil Perikanan dan Peternakan Digelar di Pemkot Jakbar

JAKARTA,JO-Suku Dinas Peternakan dan Perikanan menggelar kegiatan apresiasi olahan hasil ternak dan ikan tingkat Kota Administrasi Jakarta Barat (Jakbar), Kamis (19/6) di halaman kantor walikota yang diikuti sebanyak 48 kelompok diantaranya seluruh PKK di kecamatan, Dharma Wanita serta pelajar SMK Jakbar.

Dibuka Sekretaris Kota (Seko) Jakbar H Syamsuddin Lologau, hadir juga dalam kesempatan itu Ketua PKK dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Jakbar Hj Supriyanti Anas.

Pada sambutannya, Seko H Syamsuddin Lologau mengatakan upaya perbaikan gizi masyarakat merupakan syarat penting untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang sehat, maju dan mandiri.

“Gunanya memenuhi gizi yang seimbang, harus tersedia pangan dalam jumlah yang cukup dengan mutu gizi yang baik,” ujarnya.

Dikatakan, bedasarkan pendapat ahli gizi, idealnya seseorang harus mengonsumsi makanan berprotein 35 gram per hari, dimana 16 gram merupakan protein hewani yang dapat diperoleh dari ikan dan daging.

Menurutnya, peran kaum ibu memiliki pengaruh besar dalam penyediaan asupan protein keluarga maupun mayarakat. "Melalui kaum ibu proses peningkatan protein hewani dan gizi keluarga serta masyarakat dapat terkendali," kata Syamsuddin Lologau.

Kasudin Peternakan dan Perikanan Jakbar Eviaty menembahkan,kegiatan ini rutin dilaksanakan tiap tahunnya untuk memperingati HUT ke-487 Kota Jakarta. Tujuannya agar meningkatkan konsumsi hasil ikan dan ternak masyarakat secara merata dan juga memperkenalkan aneka ragam masakan khas berbahan baku.

Juga untuk meningkatkan peluang pangsa pasar ikan produk dalam negeri serta menggali keterampilan dan menggali kreatif memasak makanan bahan baku ikan dan ternak. “Tujuannya untuk memperkenalkan aneka ragam khas olahan makanan hasil ternak dan ikan produk dalam negeri,” ujarnya.

Dikatakan,kegiatan apresiasi lomba olahan ini terbagi dua ketegori yakni olahan ikan sebanyak 24 kelompok dan olahan ternak 24 kelompok.

Pemenang lomba untuk kelompok PKK ketegori olahan ikan, juara I diraih PKK Kebon Jeruk, juara II Kembangan, juara III Palmerah, harapan I-II Tamansari dan Kalideres. Kelompok Dharma Wanita, juara I Sudin Pemakaman, juara II Dikdas, juara III Perindustrian dan Energi, harapan I-II P2B dan Damkar PB.

Kelompok SMK/SMA, juara I SMKN 60 Duri Kepa, juara II SMA 60 Kebon Jeruk, juara III Satria Srengseng, harapan I-II Ibu Pertiwi Slipi dan SMK 45 Kebon Jeruk.

Sedang kategori olahan ikan kelompok PKK juara I Gropet, juara II Kebon Jeruk, juara III Kembangan, harapan I-II Palmerah dan Tamansari.

Kelompok Dharma Wanita, juara I Bagian Tata Ruang dan LH, juara II Bagian Kesos, juara III Satpol PP, harapan I Kesbangpol. Kelompok SMK/SMA, juara I SMK Prima Wisata, juara II SMKN 60, juara III SMKN 42, harapan I-II SMKN 13 dan SMK Widya Patria. Juara umum diraih Kecamatan Kebon Jeruk.

Tropi dan hadiah diserahkan Seko H Syamsuddin Lologa, Ketua DWP Jakbar Hj Supriyanti Anas dan Kasudin Peternakan dan Perikanan. Juara I-III mendapat tropi dan hadiah kulkas, kompor gas dan tabung gas, dan microwave. Untuk kelompok PKK, juara I-III akan mewakili Jakbar ke tingkat DKI pada 26 Juni mendatang. (jo-6)

Jalan-jalan ke Las Vegas? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.