Susilo Bambang Yudhoyono
JAKARTA, JO- Sekjen PBB Ban Ki-moon pernah menawarkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk memimpin salah satu organisasi PBB, namun menyatakan belum tertarik.

Hal itu disampaikan SBY di Manila, Filipina, Sabtu (24/5) ketika ditanya kemungkinan memimpin organisasi internasional setelah tidak lagi menjadi presiden pasca 20 Oktober 2014 mendatang.

Menurut Presiden SBY, selain tawaran dari Ban Ki-moon juga banyak pihak yang sudah menawarkannya untuk memimpin organisasi internasional lain. Namun, begitu SBY, dirinya bisa berkontribusi dalam persoalan internasional tanpa harus memimpin organisasi internasional itu.

"Banyak yang menawarkan, saya merespon positif. Tapi saya katakan, saya bisa berkontribusi dalam persoalan internasional tanpa harus memimpin organisasi internasional itu," katanya.

Dikatakan, setelah hampir 10 tahun memimpin Indonesia, dia banyak bertukar pikiran di berbagai forum internasional mulai dari organisasi kawasan seperti ASEAN dan ASEAN Plus, maupun organisasi tingkat global G-20, APEC, dan PBB. Presiden bangga peran Indonesia semakin mendapat pengakuan dunia.

Terkait dengan presiden terpilih pada pilpres 2014 nanti, SBY mengatakan dirinya siap untuk bertukar pikiran mengenai peran Indonesia di masa mendatang di forum internasional.

"Saya bersedia bertukar pikiran, demi kepentingan rakyat Indonesia," begitu SBY. (jo-10)

Wisata ke New York? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya
/>

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.