Pemprov DKI akan Beli Bus Scania atau Mercedez Benz, Bodinya Dirakit di Astra

Bus produksi Scania
JAKARTA, JO- Pemprov DKI Jakarta rupanya serius untuk meninggalkan bus China. Kini Pemprov DKI Jakarta meliirik merek Scania atau Mercedez Benz yang bodi busnya akan dirakit di dalam negeri yakni di Astra.

Untuk satu bus gandeng Scania asal Swedia ini, diperkirakan harganya sekitar Rp4,7 miliar hingga Rp4,8 miliar, harga yang jauh lebih mahal dibandingkan bus asal China yang dihargai Rp3,8 miliar. Namun lebih tahan lama, bisa dipakai 10-20 tahun.

Pada tahun 2014 ini, Pemprov DKI berencana untuk membeli 4.000 bus yang terdiri dari 1.000 bus Transjakarta dan 3.000 bus sedang dengan alokasi anggaran sebesar Rp 5 triliun.

Menurut Wagub Basuki T Purnama (Ahok), jika dibandingkan dengan kekuatan dan masa pakai yang lebih lama itu, ujung-ujungnya bus buatan Scania itu lebih murah. Bahannya saja dari alumunium.

Nantinya, kata Ahok, bodi bus itu dirakit di dalam negeri. Namun begitu, Ahok masih wanti-wanti akan terjadinya kembali kecurangan oleh oknum, misalnya satuan kualitasnya diturunkan.

"Kalau terjadi lagi seperti itu, saya pikir lebih baik tidak usah beli bus baru. Tunggu sampai ada perubahan," kata Ahok. (jo-2)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.