Hati-hati, Modus Baru Penipuan Pria Menikah untuk Kuras Harta Wanita

Pria menyasar wanita kaya melalui Facebook.
JAKARTA, JO- Kaum wanita, hati-hati lah modus baru penipuan ini. Dengan mengumbar kata-kata manis dan ajakan menikah, wanita akan terjerat dan harta pun dikuras.

Modus baru penipuan beraroma asmara ini berhasil diungkap Polsek Metro Tambora, Jakarta Barat (Jakbar). Pria dengan jitu merayu dan menikahi banyak wanita kaya, namun belum sepekan menikah pria itu sudah kabur mencuri harta isteri yang baru saja ia nikahi.

"Jadi hati-hati rayuan mautnya, penampilan dan tutur katanya bisa meyakinkan targetnya," ungkap Kanit Reskrim Polsek Metro Tambora, Jakbar Ajun Komisaris Widharma Jaya, Kamis(2/1).

Kasus ini baru diketahui polisi setelah pengaduan seorang janda beranak tiga, sebut saja bernama Suhaemah, 36. Ia mengaku baru menikah dengan tersangka Zaenal,31, pada 30 November 2013 lalu berawal berkenalan lewat Facebook.

Perempuan asal Pandeglang, Banten itu menuturkan, ketika dirinya menerima pinangan pria manis ini, dirinya seperti terhipnotis. Apalagi dia datang dengan kedua orangtuanya.

Dengan bujuk rayuan maut dan penampilannya serta tutur katanya yang meyakinkan dirinya akhirnya Suhaemah dan Zaenal menikah di rumah orangtua Suhaemah di Pandeglang, Banten.

"Tapi tiga hari kemudian, Zaenal menghilang membawa uang uang saya Rp 300 juta," ujar Suhaemah.

Menurut Ajun Komisaris Widharma Jaya, kata-kata menikah sudah menjadi modus tersangka untuk menipu para korban. Percaya atau tidak, si pria ini sudah mengaku telah belasan kali menikah dengan wanita. Sebagian besar berhasil ia tipu.

Sasarannya adalah kalangan wanita kaya. ”Sebelumnya menetapkan targetnya dari hasil penyelidikan lewat Facebook. Setelah yakin bahwa target adalah wanita kaya, ia segera merancang aksinya,” tutur Widharma.

Tersangka dijerat Pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman hukuman lima tahun penjara atau lebih. (jo-6)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.