Lurah Diberi Insentif Jika Mampu Berdayakan Masyarakat

Joko Widodo
JAKARTA, JO- Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan penghargaan kepada lurah yang mampu memberdayakan masyarakatnya dalam pembangunan Jakarta. Hal ini dilaksanakan untuk memacu kinerja para lurah tersebut agar jauh lebih baik lagi.

"Secara real, reward akan diberikan dalam bentuk insentif, yakni bujet program," ujar Jokowi di Jakarta, Jumat (8/11).

Jokowi meminta para lurah menjadi garda terdepan dalam mewujudkan kebersihan di lingkungan permukiman. Lurah harus aktif menggerakkan warga dalam merawat serta memelihara lingkungan.

Ia mengatakan, saat ini Dinas Kebersihan tengah melaksanakan pengerukan saluran di permukiman-permukiman. Peran serta masyarakat sangat diperlukan untuk menjaga lingkungan permukiman agar tetap bersih.

"Pengerukan saluran itu sudah dimulai di 10 titik, tapi hampir 90 persen perannya ada di masyarakat. Kita itu hanya motivasi agar kebersihan dilaksanakan oleh masyarakat," kata Jokowi.

Saluran yang telah dikeruk itu meliputi saluran di Jalan Utan Kayu, Kali Cipinang, penghubung Pasar Burung Matraman, penghubung Kali Baru, Kali Caglak Bulaksere, Jalan Kayu Putih, dan penghubung Kali Baru Pasar Rebo.

"Jika kerja Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dibarengi dengan pemberdayaan masyarakat, Jakarta akan bebas banjir," kata Jokowi. (jo-8)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.