Peningkatan Usaha Masyarakat Home Stay Disosialisasikan di Samosir - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Peningkatan Usaha Masyarakat Home Stay Disosialisasikan di Samosir

Ilustrasi
PANGURURAN, JO- Pemkab Samosir menggelar sosialisasi peningkatan usaha masyarakat dalam bidang home stay, di Aula Hotel JTS Parbaba, Pangururan, pekan lalu, dibuka bupati Samosir yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Jabiat Sagala.

Kadis Pariwisata Ombang Siboro dalam laporannya menyampaikan terimakasih kepada Asisten Deputi Pengembangan SDM dan Hubungan Antar Lembaga Kemenpar RI Wisnu Bawa Taruna Jaya, dan Ketua Kelompok Dasar Wisata Doto Yogantoro yang menjadi narasumber kegiatan ini, dan berharap para pesertayang terpilih ini bersungguh-sungguh memberi inovasi dan mengubah pola pikir dalam membangun/meningkatkan pelayanan home stay.

"Setelah kegiatan ini kami akan terus memantau bapak ibu sampai sejauh mana perkembangan home stay di Pemkab Samosir," katanya.

Dikatakan, kegiatan ini akan meningkatkan ekonomi masyarakat dapat juga meningkatkan nilai kepariwisataan ke mancanegara. Oleh karna itu diharapkan peserta agar bersungguh sungguh mengikuti kegiatan ini.




Asisten Deputi Pengembangan SDM dan Hubungan Antar Lembaga Kemenpar RI Wisnu Bawa Taruna Jaya mengakui, upaya mengembangkan pariwisata pada dasarnya memang sangat sulit dan membutuhkan proses yang lama. Tahun ini Indonesia mengalami pertumbuhan 22 persen secara keseluruhan, sedangkan di Asia khususnya Vietnam 26 persen diharapkan dengan dilaksakan kegiatan ini dapat meningkat untuk tahun berikutnya.

Menurutnya, meningkatkan pariwisata dilihat dari kualitas SDM melalui program kementerian pariwisata yaitu – Antusias ( keyakinan dasar,bekerja dengan semangat ) -Integritas ( suka tidak suka terus dijalani dan ditekuni ) – Totalitas ( bekerja dengan sepenuh hati).

"Namun dan apa yang dicita-citakan harus ada action ( langkah awal menjadi langkah berikutnya ) walaupun sulit dilangkah awal tapi jika sudah melangkah keberikutnya semua akan mudah," ucap Wisnu Bawa Taruna Jaya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir Jabiat Sagala dalam sambutannya mengatakan, sektor pariwisata saat ini menjadi prioritas dalam pengembangan perekonomian suatu daerah dan negara, oleh karna itu Kemenpar RI melakukan terobosan terobosan untuk meningkatkan kepariwisataan di Indonesia salah satunya di Samosir.

Kegiatan pelatihan dan pemahaman tentang home stay diharapkan peserta bisa berinovasi untuk memajukan perekonomian masyarakat Samosir berbasis pariwisata. "Setelah dapat ilmunya mari kita terapkan ke masing-masing home stay, silahkan diskusi dan tanya jawab dengan para nara sumber yang merupakan para ahli," kata Jabiat. (fsrt)

Diberdayakan oleh Blogger.