Bupati Samosir Menyerahkan Alat Mesin Pertanian kepada Kelompok Tani - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Ads Top

Bupati Samosir Rapidin Simbolon menyerahkan bantuan alat-alat pertanian kepada kelompok tani.
SAMOSIR, JO- Sektor prawisata dan sektor pertanian terus menjadi sasaran utama pengembangan ekonomi di Kabupaten Samosir. Bantuan demi bantuan terus disalurkan Pemerintah Kabupaten Samosir kepada para kelompok tani agar bisa mendukung peningkatan produktifitas lahan pertanian.

Penyerahan alsintan dilakukan Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon kepada para kelompok tani (poktan), Jumat (27/7/2018) di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Samosir Kompleks Perkantoran Parbaba.

Kepala Dinas Pertanian drhErkanus Simbolon dalam laporannya menyampaikan bahwa alat pertanian yang dibagikan kepada kelompok tani yaitu hand tracktor sebanyak 15 unit, pompa air 8,55pk sebanyak 40 unit, cultivator sebanyak 2 unit dengan sumber dana pengadaannya berasal dari dana Pusat (APBN) di Kementerian Pertanian Tahun Anggaran 2018.




Bupati Samosir dalam sambutannya menyampaikan bahwa kendala pertanian di Kabupaten Samosir adalah iklim yang tidak menentu, sehingga diharapkan dengan alsintan ini pertanian di Samosir bisa lebih baik.Lebih lanjut disampaikan bahwa kelompok tani harus memiliki kas, berintegritas, jujur dan profesional. Sehingga alat yang dibagikan akan lebih berguna,terawat dan tahan lama.

Untuk memberi semangat kepada para kelompok tani akan dilakukan perlombaan untuk mendapat kelompok tani terbaik yang akan dinilai kinerja dan bagaimana menggunakan alat-alat pertanian yang digunakan khususnya alat bantuan dari pemerintah. "Bagi kelompok tani terbaik akan mendapat hadiah pada perayaan HUT Republik Indonesia ke 73 tahun 2018," ujar Rapidin Simbolon.

Kelompok tani penerima bantuan menandatangani fakta integritas untuk menggunakan bantuan alat pertanian dengan baik.

Turut hadir pada acara penyerahan alsintan kepada kelompok tani yakni kepala Bappeda Rudi Siahaan, SIP, MM, Kepala Dinas Pertanian Erkanus Simbolon, Kabag Humas Setdakab Siswanto Sinambela (fsrt)

Diberdayakan oleh Blogger.