SMK Pariwisata USI P Siantar Raih Penghargaan Nasional Sekolah Berintegritas dan Kepala Sekolah Inspiratif - Jakarta Observer - Breaking News & Opinion

Ads Top

SMK Pariwisata USI P Siantar Raih Penghargaan Nasional Sekolah Berintegritas dan Kepala Sekolah Inspiratif

SMK Pariwisata Universitas Simalungun, Pematang Siantar menerima penghargaan nasional.
JAKARTA, JO-SMK Pariwisata Universitas Simalungun Pematang Siantar kembali meraih penghargaan nasional bidang pendidikan tahun 2018 dan sekaligus meraih dua kategori yaitu “Sekolah Aspirasi Citra Pendidikan Indonesia Berintegritas serta Kepala Sekolah Inspiratif 2018".

Bisma Mukti Wibowo selaku Chairman of Committe 7sky Media mengatakan pemberian penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi para individu dan lembaga yang menjadi agen perubahan dan berintegritas bangsa indonesia. Sebab pendidikan berintegritas mendorong terbentuknya penguatan pendidikan karakter.

"Sekolah bukan hanya menjadi institusi yang mengajarkan sejumlah ilmu pengetahuan dan ketrampilan, tetapi juga menjadi tempat peserta didik untuk menanamkan dan menyemaikan integeritas kepada peserta didik," katanya kepada wartawan Jakarta Observer News, Rabu (30/5/2018).

Menurutnya, untuk membangun bangsa ini, bukan hanya dibutuhkan manusia yang cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki moralitas dan integeritas yang tinggi.
Sebagai apresiasi atas kegigihan, prestasi dan sumbangsihnya bagi kemajuan bangsa dan negara 7skymedia Indonesia dipercaya untuk mengapresiasi para individu dan lembaga yang menjadi agen perubahan dan bangsa indonesia.

Dikatakan, dalam persaingan global ,lembaga pendidikan dituntut mampu mencetak generasi yang handal. Generasi dengan segudang prestasi dan talenta, baik dari segi hard skill maupun soft skill agar bersaing tinggi.

Talenta sumber daya manusia (SDM) semakin berat, apalagi di era batas-batas negara kian pudar dengan hadirnya Masyarakat Ekonomi Asean dan globalisasi.Sektor pendidikan yang menempati garda terdepan dalam upaya pembangunan SDM Indonesia. Oleh karena itu mutu pendidikan harus terus ditingkatkan dengan salah satunya menguatkan aktor pendidikan yaitu sekolah formal maupun informal, pendidik dan orang tua.

"Apresiasi Citra Pendidikan Indonesia-Sekolah Berintegritas 2018” merupakan apresiasi kinerja pendidik dan sekolah –sekolah formal maupun informal di Indonesia yang telah melakukan kemajuan pesat,berprestasi dan berkinerja baik dalam membangun dan memajukan pendidikan di Indonesia," jelas Bisman.

Masih kata Bisman, 7sky media merupakan media independen yang telah dipercaya dalam tingkat nasional sebagai paduan kualitas terbaik dalam menampilkan dan memberikan apresiasi penghargaan kepada lembaga, persusahaan dan figur yang telah memberikan kemajuan serta terobosan yang mencakup leadership, education,impact,marketing and innovatioan.

"Penganugerahan ini bertujuan untuk memberikan penghargaan atas kontribusi signifikan bagi perkembangan pendidikan serta meningkatkan prestasi dan peran penting dalam pembangunan SDM yang berkualitas , melalui peningkatan prestasi, professionalisme dan daya saing pendidik dan sekolah penyelenggara pendidikan formal maupun informal," ujarnya.

kepala sekolah SMK Pariwisata USI Pematang Siantar Rohdian Purba, MSi menambahkan, Apresiasi Pemimpin Pembawa Perubahan-Kepala Sekolah Inspiratif 2018” yang dipersembahkan oleh 7sky Media, merupakan kegiatan penghargaan kepada para kepala sekolah yang dinilai telah memiliki prestasi/kinerja yang memuaskan serta berkontribusi tinggi dalam pembangunan di Indonesia.

"Ini merupakan pembuktian dalam memberikan layanan yang terbaik sehingga mampu menghasilkan citra positif dari tahun ke tahun. Yang terpilih adalah yang berjasa dalam upaya membuka cakrawala kreatif sebagai tolak ukur karya putra bagsa, dengan mengacu kepada beberapa kriteria yakni quality,performace, resposibility,leadership dan attractiveness," ucap Rohdian.

Dapat menginspirasi orang banyak untuk keluar dari zona nyaman, membuat sebuah gebrakan revolusioner diri, dan bertransformasi penuh arti bagi diri mereka dan lingkungan pada umumnya , pengelolaan manejemen diri yang baik, mampu berkembang mengikuti perubahan dan memiliki tanggung jawab sosial yang tinggi.




"Dengan bangga dan berterimakasih kepada 7sky Media didukung oleh Center of Achievenment Development program mempersembahkan penganugerahan penghargaan apresiasi pemimpin pembawa perubahan-kepala sekolah inspiratif 2018. Saya sangat terharu menerima penghargaan ini sebab kali ini kami meraih kategori sekolah dan pemimpin yang berintegeritas. Sebelumnya pada tahun 2016 dan 2017 kami juga telah meraih empat penghargaan nasional bidang pendidikan dari lembaga independen yang peduli dengan pendidikan," kata Rohdian.

Namun penghargaan kali ini sangat istemewa bagi dirinya sebab berbicara pada integritas berarti berbicara kepada perlakuan bahwa perkataan harus sesuai dengan perbuatan. Integeritas merupakn kejujuran dalam bertindak, berkomitmen dalam melaksanakan tanggung jawab, tetap memiliki semangat untuk tetap berbuat yang terbaik dalam membangunan dunia pendidikan dituntut setiap pemimpin pendidikan harus memiliki integeritas sehingga menjadi suri teladan bagi peserta didik, guru , pegawai dan seluruh warga sekolah termasuk orang tua, masyarkat dan dunia usaha dunia insdustri.

"Penghargaan ini memotivasi dan mendorong kami untuk lebih meningkatkan kerja dalam melakukan inovasi dan inspirasi dalam peningkatan kualitas dan kuantitas pendidikan. Penghargaan ini bisa kami peroleh berkat kerjasama yang baik dari seluruh steakholder pendidikan di SMK Pariwisata Universitas Simalungun, pengurus yayasan Bapak Ir Amsar Saragih, MM selaku ketua, guru, pegawai, siswa, alumni dan dunia industri pasangan kerja sama sekolah," lanjutnya.

Selain SMK Pariwisata Universitas Simalungun Kota Pematangsiantar ada 15 Instansi yang menerima penghargaan ini khususnya kategori Ppmimpin inspiratif antara lain; Bupati Buton Tengah, ketua DPRD Ambon, PDAM Kebumen, PDAM Kota Bandung, Sekolah MAN Pasaman Sumatera Barat, MAN Pesisir Sumtera Barat, dan dari Sumatera Utara yaitu SMK Pariwisata USI Pematangsiantar.

Budi Napitu, alumni tahun 1995 SMK Pariwisata Pematang Siantar ini juga menyampaikan selamat atas anugerah yang diterima Rohdian Purba, SSi, MSi, dan berharap semoga apresiasi ini dapat bermanfaat sebagai komitmen untuk menciptakan karya dan prestasi yang lebih tinggi untuk masyarakat dan regenerasi yang akan datang.

"Kedepannya semoga lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan SMK Pariwisata Pematang Siantar khususnya di bidang pariwisata dapat terus memotivasi seluruh siswa untuk prestasi yang lebih baik lagi.Sekolah di SMK Pariwisata Pematang Siantar supaya lebih baik," kata Budi. (jo-6)

Diberdayakan oleh Blogger.