Di Rapat Paripurna DPRD DKI, Gubernur Anies Baswedan Sampaikan Visi Misi

Anies Baswedan
JAKARTA, JO- DPRD DKI Jakarta, Rabu (15/11/2017) menggelar Rapat Paripurna Penyampaian Pidato Gubernur Terhadap Raperda tentang RAPBD Provinsi DKI Jakarta Tahun Anggaran 2018, dan Penyampaian Visi Misi Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Masa Jabatan 2017-2022.

Di depan rapat yang dipimpin Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi, Gubernur Anies Baswedan menyampaikan visi DKI Jakarta sebagai "Jakarta Kota Maju, Lestari dan Berbudaya".

"Filosofi dari visi ini adalah keberadaban, keadilan dan kesejahteraan bagi semua warga Jakarta. Ini menjadi pondasi penting dalam pembangunan," ucap Anies.

Menurutnya, pembangunan yang akan dilakukan tidak selalu difokuskan pada fisik seperti infrastruktur yang megah serta penggunaan teknologi modern. Tapi juga pembangunan manusia yang mencakup perbaikan kualitas pendidikan, kesehatan, rasa aman, kesejahteraan dan kebahagiaan semua warga.

Pola pendekatan pembangunan fisik dan manusia harus pula dilingkupi dengan pembangunan yang berwawasan lingkungan kebudayaan serta keterlibatan masyarakat. Tidak hanya sekadar berpartisipasi, masyarakat menjadi motor penggerak utama pembangunan.

Hotel Paling Romantis. Berapa Sih Tarifnya!! Hemat 25% untuk Setiap Hotel Tempat Anda Menginap & Baca Ulasannya
Cari Tahu Tarif Hotel Terkini di Medan
Cari Tahu Tarif Hotel Terkini di Palembang

Untuk memperkuat visi ini, Anies membeberkan sedikitnya lima misi yang akan dilakukan. Lima misi itu adalah:

1. Menjadikan Jakarta kota yang aman, sehat, cerdas, berbudaya, dengan memperkuat nilai-nilai keluarga dan memberikan ruang kreativitas melalui kepemimpinan yang melibatkan, menggerakkan dan memanusiakan.

2.Menjadikan Jakarta kota yang memajukan kesejahteraan umum melalui lapangan kerja, kestabilan dan keterjangkauan kebutuhan pokok, meningkatnya keadilan sosial, percepatan pembangunan infrastruktur, kemudahan investasi dan berbisnis serta perbaikan pengelolaan tata ruang.

3. Menjadikan Jakarta tempat wahana aparatur negara yang berkarya, mengabdi, melayani, serta menyelesaikan berbagai permasalahan kota dan warga, secara efektif, meritokrasi dan berintegritas.

4. Menjadikan Jakarta kota yang lestari dengan pembangunan dan tata kehidupan yang diperkuat daya dukung lingkungan dan juga sosial. Konsep utama dari misi ini pembangunan berkelanjutan.

5. Menjadikan Jakarta menjadi Ibukota yang dinamis sebagai simpul kemajuan Indonesia yang bercirikan keadilan, kebangsaan dan kebhinekaan.

Menurut Anies, prinsip pembangunan yang berkelanjutan menjadi kunci perbaikan kualitas lingkungan di Jakarta. Kemudian menjadikan Jakarta sebagai simpul kemajuan Indonesia menggambarkan bahwa Jakarta sebagai Ibukota menjadi miniatur Indonesia yang beragam.

"Misi ini sejalan dengan salah satu amanah pembangunan nasional. Kita ingin memastikan dampak pembangunan dirasakan semua golongan serta memperjuangkan keadilan sosial bagi seluruh warga Jakarta," kata Anies. (jo-3).




Diberdayakan oleh Blogger.