Jakarta Barat Bentuk Tim "Rahasia" untuk Cegah Tawuran Siswa

Ilustrasi
JAKARTA, JO- Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Barat Tajudin Nur mengatakan, pihaknya telah membentuk tim khusus pencegahan tawuran siswa di sekolah-sekolah. Tim ini bertugas melaporkan potensi timbulnya tawuran dan siswa yang menjadi provokator.

Menurut Tajudin di Jakarta, Selasa (2/5/2017), tim ini terdiri dari siswa sekolah, yang jumlahnya satu tim bisa berisi 10 hingga 15 orang. Mereka ini rahasia dan tidak ada yang tahu, tapi setiap potensi tawuran nanti akan mereka informasikan kepada guru atau kepala sekolah.

Langkah ini dinilai lebih efektif mencegah terjadinya tawuran pelajar. "Jika ada siswa yang terbukti ikut tawuran, sanksi terberat dikeluarkan dari sekolah. Kalau ada guru yang terbukti lalai akan ada sanksi juga seperti pengurangan TKD," sambungnya.

Guna mencegah terjadinya tawuran antar pelajar, sekolah harus memperbanyak kegiatan ekstra kurikuler. Dengan demikian mempersempit waktu pelajar untuk berkegiatan negatif usai mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM).




Secara terpisah, Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana mengatakan, pola pendidikan saat ini semestinya diperbanyak kegiatan ekskulnya. Ini untuk mencegah tawuran pelajar. Kemudian juga diperbanyak dengan kegiatan sosial dan keagamaan.

"Pola pendidikan saat ini semestinya diperbanyak kegiatan ekskulnya. Ini untuk mencegah tawuran pelajar. Kemudian juga ditambah dengan kegiatan sosial dan keagamaan," kata Bambang Musyawardana.

Banyaknya kegiatan positif akan membuat pelajar tidak lagi berkumpul ditempat-tempat yang tidak semestinya seperti di pinggir jalan, terminal dan sebagainya. Karena ini dapat memicu terjadinya kasus tawuran pelajar.

Bambang menambahkan, dalam menghadapi era globalisasi ini, sejatinya tidak hanya digalakkan pembangunan fisik. Namun pada diri siswa juga harus ditanamkan nilai-nilai kebangsaan, budi pekerti, sopan santun dan keagamaan. (jo-3)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya



Diberdayakan oleh Blogger.