Uang Nasabah di 20.000 Rekening Diambil, Bank Ini Hentikan Transaksi Online

Ilustrasi
JAKARTA, JO- Tesco Bank telah menghentikan pembayaran online untuk pelanggan giro setelah uang nasabah yang disimpan di 20.000 rekening hilang diambil.

Kepala eksekutif bank Benny Higgins mengatakan kepada BBC bahwa dia "sangat berharap" uang pelanggan yang diambil itu akan dikembalikan dalam waktu 24 jam.

Seperti dilansir BBC, hari ini, sekitar 40.000 rekening melihat transaksi mencurigakan selama akhir pekan, dimana setengahnya telah uang yang diambil.

Pelanggan masih akan dapat menggunakan kartu mereka untuk penarikan tunai, chip dan pin pembayaran, dan pembayaran tagihan.

Mereka juga dapat menggunakan perbankan online, tetapi tidak dapat melakukan transaksi secara online sampai situasi kembali terkendali, Higgins mengatakan kepada acara BBC Today.

Sebelumnya, bank dikonfirmasi beberapa account "telah dikenakan kegiatan kriminal online, dalam beberapa kasus yang mengakibatkan uang yang ditarik secara curang".

Higgins juga meminta maaf atas "kekhawatiran dan ketidaknyamanan" yang harus dihadapi para pelanggan.




Seorang pakar keamanan dunia maya mengatakan kejadian ini bisa menjadi pelanggaran yang belum pernah terjadi sebelumnya di sebuah bank Inggris.

"Saya sudah tidak mendengar sebelumnya mengenai serangan seperti ini dan skala dari sebuah bank Inggris di mana tampak bahwa sistem pusat bank adalah target," kata Prof Alan Woodward, seorang konsultan keamanan yang telah bekerja dengan Europol.

Selama akhir pekan, pelanggan mengeluh tentang uang yang ditarik tanpa izin, kartu diblokir dan penundaan yang lama untuk bisa menghubungi bank di telepon.

"Setiap kerugian finansial dari aktivitas penipuan ini akan ditanggung oleh bank," kata Higgins. "Pelanggan tidak berisiko keuangan."
Tesco belum menggunakan kata "hacking" untuk menggambarkan kasus ini.

Bank ini memiliki lebih dari tujuh juta rekening nasabah dan 4.000 staf, yang berbasis di Edinburgh, Glasgow dan Newcastle.
Kevin Smith, dari Blackpool, mengatakan ia telah kehilangan £ 500 dari satu akun dan £ 20 dari yang lain.

Dia mengatakan: "Saya baru saja akan pergi tidur ketika saya menerima pesan teks dari Tesco mengatakan telah terjadi penipuan di account saya. Jadi tentu saja Anda panik..." (jo-4)

Sebelum ke Yogyakarta, Cek Dulu Tarif Hotel dan Ulasannya
Ke Bandung? Cek Dulu Hotel, Tarif dan Ulasannya Disini
Cek hotel di Lombok, bandingkan harga dan baca ulasannya
Liburan ke Surabaya? Cari hotel, bandingkan tarif dan baca ulasannya
Cek hotel di Parapat, Danau Toba, bandingkan harga dan baca ulasannya
Bengkulu yang Sedang Bersinar, Cek hotel dan baca ulasannya



Diberdayakan oleh Blogger.