Pemeriksan Hewan Kurban Dilakukan di Kantor Walikota Jakbar

Pemeriksaan hewan kurban di kantor Walikota Jakbar.
JAKARTA,JO- Menjelang Idul Adha, Suku Dinas (Sudin) Peternakan dan Perikanan Jakarta Barat (Jakbar) memeriksa hewan kurban seperti sapi, kambing dan domba di halaman kantor walikota Jakbar.

Pemeriksaan dilakukan Jumat (3/10) sekitar pukul 12.00 WIB, untuk memastikan hewan-hewan kurban tersebut terbebas dari penyakit dan aman untuk dikonsumsi.

"Walaupun dari penampungan sudah di periksa dan diseleksi, tapi kita tetap lakukan pemeriksan ulang menggunakan temperatur memastikan kondisinya benar benar bagus," ujar Evy, Kasudin Peternakan dan Perikanan Jakbar, di Jakarta, Jumat (4/10).

Evy menjelaskan, hewan yang memenuhi syarat untuk dikurbankan saat Hari Raya Idul Adha adalah sehat secara klinis berdasarkan hasil pemeriksaan petugas, tidak cacat dan cukup umur.

Secara teknis hewan seperti kambing dan domba setidaknya berumur diatas 1 tahun ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap. Sementara untuk sapi yang berumur minimal 2 tahun dan tumbuh sepasang gigi.

"Harus tumbuh sepasang gigi, kambing dan domba berumur 1 tahun dan sapi berumur 2 tahun,"jelasnya.

Cek Hotel di Jakarta, Bandingkan Tarifnya | Cek Hotel di Parapat, Danau Toba, Bandingkan Harga dan Baca Ulasannya | Cek Hotel di Bandung, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Cek Hotel di Surabaya, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Ada sekitar 20 ekor hewan kurban sapi berikut kambing dan domba ditest kesehatannya.

Dari hasil pemeriksaan diketahui hewan kurban yang ada di halaman gedung kantor walikota ini semuanya bagus, hanya saja terdapat empat ekor hewan kurban sapi yang belum cukup umur.

"Dari pemeriksaan kita ada empat ekor hewan kurban sapi tidak cukup umur. Kita periksa dari giginya belum tumbuh sepasang, karena itu terpaksa kita pulangkan kepada yang menyumbangkan agar ditukarkan kepada pedagangnya," katanya.

Pemeriksaan tingkat kedewasaannya sudah memenuhi syarat atau tidak menurut syariah Islam.

Dikatakannya, pemeriksaan hewan kurban, diutamakan terkait kondisi mata hewan ,kuping, hidung dan memastikan kotorannya tidak cair, secara pisik harus terlihat lincah.

"Kita pastikan hewan kurban layak konsumsi secara pisik dan kesehatannya semua bagus," katanya. (jo-6)


Mengunjungi London? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Wisata ke New York? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya | Jalan-jalan ke Las Vegas? Cek Daftar Hotel, Bandingkan Tarif dan Baca Ulasannya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.