Bupati Samosir Vandiko T Gultom, dan Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor menandatangani kesepakatan ini di Balai Benih Ikan (BBI) Desa Jani Martahan pada Rabu (3/4/2024).

HARIAN, Jakartaobserver.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir telah menandatangani kesepakatan dengan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat untuk meningkatkan kerjasama dalam bidang pertanian dan pariwisata.
 
Bupati Samosir Vandiko T Gultom, dan Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor menandatangani kesepakatan ini di Balai Benih Ikan (BBI) Desa Jani Martahan pada Rabu (3/4/2024).

Kesepakatan ini melibatkan Dinas Ketapang dan Pertanian, serta Dinas Kopnakerindag dari kedua kabupaten. Sebelumnya, kedua bupati telah meresmikan objek wisata baru, Mina Wisata Edukasi (Miduk) BBI, yang menawarkan edukasi tentang pemijahan dan pendederan ikan, pembesaran ikan, serta pakan alami.

Objek wisata ini juga dilengkapi dengan kolam bermain ikan untuk anak-anak dan kolam pancing untuk umum, serta menara Janji Martahan yang menawarkan panorama alam yang indah.

Menurut Bupati Samosir, kesepakatan ini menunjukkan sinergi yang baik antara kedua kabupaten, yang akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak dan masyarakat.

Kabupaten Samosir siap menyuplai ikan dan bawang merah ke Kabupaten Pakpak Bharat, dan kesepakatan ini diharapkan dapat mendorong petani untuk lebih aktif menggunakan pupuk organik guna meningkatkan hasil panen.

Dalam pemenuhan kebutuhan ikan di Kabupaten Pakpak Bharat, Kabupaten Samosir akan mengutamakan hasil dari pengelola kolam darat yang terdampak penertiban Kawasan Jagaan Air (KJA), sebagai solusi agar petani semakin bersemangat dalam usaha kolam darat.

Sebagai mina wisata edukasi, BBI tetap akan menonjolkan fungsi dasarnya sebagai unit pelaksana pembenihan, dengan harapan target pembenihan dapat meningkat sehingga pengunjung dapat menikmati seluruh prosesnya, mulai dari pemijahan hingga menjadi larva.

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor, menyatakan bahwa kerjasama antara dua kabupaten bertetangga di kawasan Danau Toba harus saling mendukung untuk kesejahteraan masyarakat.

Ia menawarkan produk pertanian gambir sebagai timbal balik atas kesepakatan dengan Bupati Samosir, yang dapat digunakan sebagai pewarna ulos.

Selain itu, ia juga mempromosikan produk UMKM yang sudah dikemas dari bahan gambir.

Kadis Ketapang dan Pertanian Kabupaten Samosir, Tumiur Gultom, menjelaskan bahwa Mina Wisata Edukasi (Miduk) BBI akan buka pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur pukul 10.00-17.00 WIB, dengan hasil pancingan wajib ditimbang dan dibayar 25.000/kg.

Acara ini juga dihadiri Wakil Bupati Samosir Martua Sitanggang, Wakil Ketua DPRD Pantas M Sinaga, Wakapolres Samosir T Panggabean, Pabung 0210 TU G Sebayang, Asisten I Tunggul Sinaga, Asisten II Hotraja Sitanggang, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Kadis Lingkungan Hidup Edison Pasaribu, Kadis Perhubungan Laspayer Sipayung, Camat Harian P Hartopo Manik, dan beberapa pimpinan OPD lainnya.(josm-01)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.